Breaking News:

Semua Logistik Pilkada Pangandaran 2020 Sudah Didistribusikan ke Tingkat KPPS

Semua logistik pemilu untuk Pilkada Pangandaran 2020 telah didistribusikan dari gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU)

tribunjabar/hilman kamaludin
Semua Logistik Pilkada Pangandaran 2020 Sudah Didistribusikan ke Tingkat KPPS 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Semua logistik pemilu untuk Pilkada Pangandaran 2020 telah didistribusikan dari gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangandaran ke panitia pemilihan kecamatan (PPK), Minggu (6/12/2020).

Logistik seperti surat suara, kotak suara dan alat coblos itu didistribusikan menggunakan sejumlah mobil truk dan mendapat pengawalan kepolisian dan anggota TNI serta disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin, mengatakan, untuk surat suara yang didistribusikan itu sebanyak 328.400 lembar yang jumlahnya sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) dan ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

"Hari ini kita mendistribusikan logistik pemilihan berupa surat suara, kemudian alat kelengkapan TPS meliputi kebutuhan administratif di TPS. Semuanya, sudah didistribusikan ke gudang PPK," ujarnya saat ditemui di Kantor KPU, Minggu (6/12/2020).

Baca juga: Detik-detik Robohnya Menara Masjid Islamic Center Indramayu, Ini Kata Saksi Mata

Kemudian, kata Muhtadin, semua logistik tersebut akan didistribusikan ke lokasi TPS masing-masing pada H-1 pencoblosan atau pada 8 Desember 2020 mendatang.

"Kalau ke tingkat desa, mungkin besok juga kita akan melakukan pergeseran. Prosedur yang kita tetapkan, maksimal H-1 pemungutan suara, logistik harus sudah ada di lokasi TPS," kata Muhtadin.

Demi menjaga keamanan sebelum digeser ke TPS, kata Muhtadin, logistik tersebut disimpan di rumah ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), atau rumah anggota yang jaraknya paling dekat dengan TPS.

"Karena memang, menjelang hari H ini para KPPS, tidak kami sarankan untuk begandang, sehingga harus istirahat dan lokasi penempatan sementara disimpan di rumah ketua KPPS," ucapnya.

Muhtadin, mengatakan, pendistribusian logistik pemilu itu sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang tertuang dalam peraturan KPU (PKPU) nomor 8 tahun 2020 tentang pengamanan logistik surat suara.

Baca juga: Kabar Gembira, Mulai Tahun Depan Jawa Barat Siap Laksanakan Vaksin Gratis Ini

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved