Breaking News:

VIDEO-UPDATE Aktor Pembuat Video Viral Azan Hayya Alal Jihad Jadi Fokus Penyelidikan Polda Jabar

Setelah pelaku azan yang mengganti lafal hayya alas sholah menjadi hayya alal jihad meminta maaf dan tetap memprosesnya,...

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -‎ Kasus video azan ajakan jihad berbuntut panjang.

Setelah pelaku azan yang mengganti lafal hayya alassholah menjadi hayya alal jihad meminta maaf dan tetap memprosesnya, polisi juga terus mengembangkan penyelidikannya.

Polisi Polda Jabar menduga ada aktor intelektual yang berperan menyuruh dan menghasut agar ada orang melakukan azan menyertakan ajakan jihad.

"Masalah kasus azan ( video azan ajakan jihad) dari hayya ala salat ke hayya ala jihad di Majalengka saat ini dalam penyelidikan. Karena yang kami khawatirkan dalam satu hari ini serentak ya, ada di Jabar maupun daerah lain. Nah, tentunya di Jabar akan fokus untuk menyelidiki siapa yang menyuruh dan siapa yang memviralkan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Jumat (4/12/2020).

Ia mengatakan, laporan polisi soal kasus itu sudah diterima.

Ditreskrimsus dan Ditreskrimum Polda Jabar serta Polres Majalengka sedang mendalami kasus ini, khususnya mencari aktor intelektualnya. 

"Kenapa demikian, karena ini sangat meresahkan dan Alhamdulillah sekarang situasi sudah kondusif dan masyarakat mempercayakan kepada kami Polda Jabar dengan Polres Majalengka untuk menyelidikinya," ucap Erdi. 

Ia menjelaskan, penyelidikan kasus ini akan fokus menelusuri soal siapa yang menyuruh sejumlah warga untuk mengumandangkan azan disertai ajakan jihad. Polisi menduga para pelaku ini disuruh.

"Dan perlu ditekankan penyidik ini akan menelusuri, pertama siapa yang memviralkan kemudian. Yang kedua siapa yang menyuruh, siapa yang memviralkan. Ini ada perhatian khusus dari Polda Jabar, jadi penyidik sedang melakukan penyelidikan," ujar Erdi. 

Dengan sudah menetapkan status penyelidikan, kata Erdi, polisi mulai bekerja untuk mencari tahu misteri siapa yang menyuruh mereka. 

"Minggu depan ada beberapa orang yang akan akan kami panggil untuk klarifikasi terkait masalah kasus itu yang ada di Majalengka," katanya. 

Sementara itu, beredar sejumlah konten media sosial yang menyebutkan ada pihak-pihak yang menyuruh agar melantunkan azan menghadap kiblat namun disertai ajakan jihad.

"Sekali lagi, ini akan didalami oleh penyidik ya, mohon doanya mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa diungkap siapa yang menyuruh dan memviralkan terkait masalah azan ini," ucapnya. 

Dalam kasus ini, tujuh orang di Majalengka sempat diamankan dan meminta maaf ihwal lantunan azan itu. Polisi juga sudah menginterogasi mereka.

"Mereka sudah diinterogasi. Hasilnya sedang didalami. Ponsel mereka juga diperiksa," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Aktor Pembuat Video Viral Azan Hayya Alal Jihad Jadi Fokus Penyelidikan Polda Jabar, https://jabar.tribunnews.com/2020/12/04/aktor-pembuat-video-viral-azan-hayya-alal-jihad-jadi-fokus-penyelidikan-polda-jabar.
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Video Production: Dicky Fadiar DJuhud
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved