Breaking News:

Pilkada Kabupaten Pangandaran

27 Narapidana Asal Pangandaran Tak Bisa Menyalurkan Hak Pilihnya pada Pilkada 2020, Ini Alasannya

Sebanyak 27 orang narapidana asal Kabupaten Pangandaran yang ditahan di Lapas Ciamis dipastikan tidak bisa menyalurkan hak pilihnya

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
KPU Pangandaran saat menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan sistem rekapitulasi (Sirekap). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Sebanyak 27 orang narapidana asal Kabupaten Pangandaran yang ditahan di Lapas Ciamis dipastikan tidak bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada Pangandaran 2020.

Pasalnya, mereka ditahan di luar daerah Kabupaten Pangandaran dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangandaran juga dilarang untuk mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di luar wilayah hukumnya.

"Untuk narapidana yang ditahan di Lapas Ciamis, ada 27 orang. Ketentuannya tidak boleh membuat TPS di luar wilayah hukum Pangandaran," ujar Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin kepada Tribun Jabar, Selasa (1/12/2020).

Dengan adanya ketentuan sesuai peraturan KPU (PKPU) itu, semua narapidana yang ditahan di Lapas Ciamis tidak bisa datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kalau lapasnya ada di Pangandaran berarti bisa (mencoblos) karena bisa didorong ke TPS terdekat," katanya.

Selain itu, kata dia, jika ada Lapas di Kabupaten Pangandaran, bisa juga didirikan TPS khusus di sekitar lokasi lapas tersebut, sehingga mereka tetap bisa menyalurkan hak pilihnya.

Baca juga: Lagi, 26 Tenaga Kesehatan Terpapar Virus Corona, Rumah Sakit Daerah Ini Terpaksa Tutup Sementara

"Tetapi, karena ini lapasnya di luar wilayah hukum Pangandaran, jadi ya tidak bisa," ucap Muhtadin.

Muhtadin mengatakan, terkait hal ini sudah tidak ada lagi alasan hukum yang lain, dan aturannya sudah tertuang dalam PKPU.

"Alasannya, hanya karena lapasnya ada di Ciamis," katanya.

Untuk diketahui, pada pilkada Pangandaran 2020 ini, ada 800 TPS yang tersebar di 93 desa dan 10 kecamatan di wilayah kerja KPU Kabupaten Pangandaran dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 320.008 pemilih.

Baca juga: Polisi Amankan Sopir Truk yang Tabrak Lima Kendaraan di Tanjungsari Sumedang

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved