Breaking News:

4 Orang Jadi Majelis Wali Amanat Unpad Unsur Masyarakat, Ada Mantan Menteri, Berikut Nama-namanya

Keempat orang anggota MWA terpilih tersebut di antaranya Dr Arief Yahya, Ir. MSc yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Intermedia Capital.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Kisdiantoro
Tribun Jabar/Ery Candra
Suasana di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang. Empat orang unsur masyarakat terpilih jadi anggota MWA Unpad. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Senat Akademik Universitas Padjadjaran (Unpad) resmi mengumumkan empat orang terpilih sebagai anggota Majelis Wali Amanat (MWA) yang mewakili unsur masyarakat periode 2020-2025.

Terpilihnya empat sosok tersebut setelah berhasil mengungguli 16 kandidat lainnya yang telah ditetapkan sebelumnya, dalam hasil rapat pleno SA Unpad yang dilaksanakan secara daring dan luring di Executive Lounge Unpad Jl. Dipati Ukur 35 Bandung,  Sabtu (28/11/2020).

Keempat orang anggota MWA terpilih tersebut yaitu, Dr Arief Yahya, Ir. MSc yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Intermedia Capital.

Baca juga: Dugaan Aniaya Sopir Taxi Online, Habib Bahar bin Smith akan Kembali Jadi Terdakwa dipersidangan

Baca juga: Baca Doa Ini Agar Digolongkan Jadi Penghuni Surga, Mulai dari Istighfar Diajarkan Rasulullah SAW

Pria kelahiran Banyuwangi, 2 April 1961 lalu tersebut, sebelumnya juga tercatat sebagai mantan Menteri Pariwisata RI periode 2014-2019, dan merupakan CEO PT Telkom Indonesia sejak 11 Mei 2012.

Anggota terpilih lainnya, Drs. Nadjib Riphat Kesoema. Pria kelahiran, Medan, 23 Maret 1953, adalah seorang diplomat yang pernah menjadi Duta Besar untuk Persemakmuran Australia dan Vanuatu (2012-2017) dan Dubes RI untuk Belgia (2006-2010).

Selanjutnya, Drs. Kemal Azis Stamboel M.S.M yang merupakan Komisaris Utama PT Digital Solusi Pratama yang sebelumnya pernah menjadi anggota DPR RI 2009-2014 dan Presdir Pricewaterhouse Coopers Consulting Indonesia dan Country Leader IBM Indonesia.

Sementara, profil terakhir adalah Dr. Hadiyanto, SH.,LL.M yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI. Keempat anggota MWA terpilih ini pernah mengenyam pendidikan di Universitas Padjadjaran.

Ketua Senat Akademik Unpad, Prof Ganjar Kurnia mengatakan, keempat nama tersebut akan dibawa ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk kemudian ditetapkan secara sah sebagai anggota MWA Unpad.

Pemungutan suara dalam rangka pemilihan anggota MWA ini dilakukan secara daring oleh 65 orang dari keseluruhan 69 anggota SA Unpad dengan 16 calon yang telah ditentukan sebelumnya.

"Kami akan membawa empat nama terpilih ini ke Pak menteri (Mendikbud) untuk kemudian ditetapkan bersama anggota MWA Unpad lainnya," ujar Prof. Ganjar melalui siaran pers Unpad yang diterima Tribun Jabar, Senin (30/11/2020).

Empat sosok anggota MWA yang mewakili unsur masyarakat periode 2020-2025 yang telah resmi ditetapkan hasil rapat pleno SA Unpad yang dilaksanakan secara daring dan luring di Executive Lounge Unpad Jl. Dipati Ukur 35 Bandung,  Sabtu (28/11/2020).
Empat sosok anggota MWA yang mewakili unsur masyarakat periode 2020-2025 yang telah resmi ditetapkan hasil rapat pleno SA Unpad yang dilaksanakan secara daring dan luring di Executive Lounge Unpad Jl. Dipati Ukur 35 Bandung,  Sabtu (28/11/2020). (Istimewa)

Prof. Ganjar menuturkan, MWA Unpad adalah organ Unpad yang menetapkan, memberikan pertimbangan pelaksanaan kebijakan umum, dan melaksanakan pengawasan di bidang non akademik.

MWA Unpad beranggotakan 17 orang terdiri atas Menteri, Gubernur Jawa Barat, Rektor, Ketua SA Unpad, wakil dari masyarakat (4 orang), wakil dari SA Unpad (6 orang), wakil dari alumni (1 orang), wakil dari tenaga kependidikan  (1 orang) dan wakil dari mahasiswa (1 orang).

Baca juga: Rizieq Shihab Berhak Rahasiakan Hasil Tes Swab tapi Karena Pandemi Corona, Satgas Juga Berhak Tahu

"Saya kira dengan lengkapnya komposisi MWA ini, harapan untuk membuat Unpad sebagai 500 perguruan tinggi terbaik di dunia bisa tercapai. Apalagi keempat anggota MWA wakil masyarakat ini memiliki pengalaman manajerial yang sangat bagus, memiliki jejaring nasional dan internasional, punya gagasan yang cemerlang,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Rektor Unpad, Prof Rina Indiastuti yang juga merupakan anggota Senat Akademik berharap, para anggota terpilih dapat membantu Unpad untuk mengakses jejaring internasional baik perguruan tinggi, lembaga, individu yang ada di luar negeri, serta bisa memfasilitasi mendapatkan informasi atau akses kepada sumber pendanaan dari pemerintah, korporasi atau softloan dari luar negeri, serta akses kepada endownment fund.

"Semoga profil terpilih mampu memberikan tantangan kepada organ Rektor agar tetap dinamis dan lincah demi mencapai visi ranking 500 dunia dan membawa dampak pada kesejahteraan bagi dosen dan tenaga kependidikan Unpad," ujar Prof. Rina. (Tribunjabar.id/ Cipta Permana).

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved