Breaking News:

MALANGNYA TKW Indramayu yang Alami Depresi di Taiwan, Calo Minta Rp 15 Juta Jika Ingin Dipulangkan

Pihak keluarga pun diketahui juga dimintai uang sebesar Rp 15 juta oleh pihak sponsor atau calo jika ingin Caskewi dipulangkan ke tanah air.

Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Wartana (47), Ayah Caskewi, TKW yang alami depresi parah di Taiwan saat menunjukan foto anaknya tersebut di kediamannya di Desa Jayalaksana, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu, Minggu (29/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Nasib malang menimpa Caskewi, (28) seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKW asal Kabupaten Indramayu yang alami depresi parah di Taiwan.

Sudah terkena musibah, pihak keluarga pun diketahui juga dimintai uang sebesar Rp 15 juta oleh pihak sponsor atau calo jika ingin Caskewi dipulangkan ke tanah air.

Ayah Caskewi, Wartana (47) mengaku terpukul dengan permintaan uang tersebut oleh pihak calo.

"Kata pihak sponsor tuh, 'Pak, anak bapak kalau mau pulang ada biayanya sekitar Rp 15 juta,' bilang begitu katanya untuk pulang," ujar dia menirukan percakapan dengan pihak calo kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di kediamannya di Desa Jayalaksana, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu, Minggu (29/11/2020).

Uang Rp 15 juta itu, disampaikan Wartana, diminta pihak calo sebagai potongan dua bulan gaji Caskewi yang belum lunas saat bekerja di Taiwan.

Menurut Wartana, Caskewi berangkat ke Taiwan pada 7 bulan lalu pada bulan April 2020 lalu. Berangkatnya Caskewi ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya sempat pulang ke tanah air.

Meski demikian, ia tidak mengetahui secara pasti apakah status TKW dari putri sulungnya tersebut resmi atau ilegal.

"Saya kurang tahu ilegal tidaknya, karena buta huruf sih sayanya tidak tahu," ujar dia.

Wartana berharap, pemerintah bisa membantu pemulangan anaknya ke tanah air.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved