Pemprov Jabar Siapkan Regulasi Penggunaan Kendaraan Listrik sebagai Kendaraan Dinas

Penggunaan kendaraan dinas, termasuk kendaraan listrik, adalah upaya sosialisasi kepada masyarakat mengenai kendaraan yang ramah lingkungan

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Riding menggunakan motor listrik dan diskusi santai di Kota Bandung, Sabtu (28/11). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari, mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah berupaya menyosialisasikan penggunaan kendaraan bertenaga listrik kepada masyarakat.

Salah satunya dengan mendorong pengadaan kendaraan bertenaga listrik untuk kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kita Dishub Jabar diminta menyiapkan agar para ASN di Pemprov Jabar memakai kendaraan listrik. Kami tengah siapkan regulasi di Provinsi Jabar. Seperti mengeluargakan Pergubnya yang bisa mengatur penggunaan kendaraan listrik untuk kendaraan dinas," kata Hery dalam konferensi pers di kegiatan riding menggunakan motor listrik dan diskusi santai di Kota Bandung, Sabtu (28/11/2020).

Penggunaan kendaraan dinas, baik mobil sampai motor bertenaga listrik ini, katanya, adalah upaya sosialsisasi kepada masyarakat mengenai kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat.

"Ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa sudah saatnya berpindah ke kendaraan listrik," katanya.

Hery mengatakan, pihaknya siap mendukung dengan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian RI jika dalam pelaksanaan kebijakan ini dibutuhkan support lebih luas dari berbagai pihak.

"Kami akan cermati berbagai hal teknis seperti operasionalnya samlai faktor keselamatannya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Biro Humas dan Keprotokolan, menggelar diskusi santai antara Gubernur Jabar dengan para pimpinan redaksi media massa di wilayah Jawa Barat mengenai “Tantangan dan Peluang Pembangunan Jabar di masa AKB”.

Kegiatan ini diawali dengan riding bersama menggunakan kendaraan motor listrik dari Gedung Sate ke Hotel Ahadiat. Para wartawan pun berkesempatan menyusuri jalanan Kota Bandung mengenakan kendaraan listrik tersebut.

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Kasus Wali Kota Cimahi Jadi Pelajaran untuk Kepala Daerah Lain

Agenda rutin yang kali ini, bekerja sama dengan PLN Jawa Barat diawali dengan melakukan riding Bersama motor listrik mengelilingi Kota Bandung dengan garis start di Gedung Sate.

Dalam kegiatan ini, Gesits turut berpartisipasi sebagai salah satu provider motor listrik yang digunakan mengelilingi Kota Bandung sebagai bentuk support nyata kendaraan listrik kepada Provinsi Jawa Barat.

General Manager Sales & Marketing PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA), Abdullah Alwi, menyampaikan bahwa motor listrik GESITS merupakan cita-cita Indonesia dengan menciptakan dan memproduksi kendaraan otomotif karya anak bangsa.

Abdullah Alwi menambahkan, GESITS dapat menjadi kendaraan alternatif yang hemat energi dan ramah lingkungan sehingga dapat menjadi salah satu solusi pencemaran polusi akibat sepeda motor.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved