Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Sekda Kabupaten Cirebon Sebut Meningkatnya Kasus Covid-19 Karena Hal Ini

Rahmat Sutrisno mendapat laporan adanya pasien kasus konfirmasi tanpa gejala yang masih berinteraksi dengan orang sekitarnya.

ISTIMEWA
Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saat menjalani pengobatan terapi plasma di RSUD Waled, Kabupaten Cirebon, Sabtu (19/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

Hingga kini, kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon mencapai 2139 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 803 pasien masih menjalani perawatan, 132 pasien meninggal dunia, dan 1204 pasien dinyatakan sembuh.

Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, mengatakan, meningkatnya kasus Covid-19 dikarenakan beberapa hal.

Di antaranya, kurang disiplinnya pasien kasus konfirmasi tanpa gejala dalam menjalani isolasi mandiri.

"Lonjakan kasus ini terjadi karena adanya OTG yang kurang disiplin," ujar Rahmat Sutrisno saat ditemui di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (25/11/2020).

Bahkan, pihaknya mendapat laporan adanya pasien kasus konfirmasi tanpa gejala yang masih berinteraksi dengan orang sekitarnya.

Baca juga: Beda Reaksi Jokowi dan Prabowo Atas Ditangkapnya Edhy Prabowo, Jokowi Singgung Soal Kinerja KPK

Padahal, hal semacam itu jelas dilarang karena pasien tersebut dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab test.

"Bukannya melakukan isolasi mandiri malah bergaul dengan masyarakat, sehingga kasusnya meningkat," kata Rahmat Sutrisno.

Ia juga mengingatkan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Cirebon disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dari mulai mengenakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang sekitar, dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Berita Persib Bandung - Beckham Putra Bantah Cedera karena Ikut Laga Tarkam

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved