Breaking News:

IRT Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara, Gara-gara Unggah Kalimat Ini di Facebook ke Anggota DPRD Jabar

Dewi Agung Wulansari‎ (49), seorang ibu asal DKI Jakarta yang menulis postingan di akun Facebook Anggota DPRD Jabar

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Ichsan
tribunjabar/mega nugraha
IRT Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara, Gara-gara Unggah Kalimat Ini di Facebook ke Anggota DPRD Jabar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dewi Agung Wulansari‎ (49), seorang ibu rumah tangga (IRT) asal DKI Jakarta yang menulis postingan di akun Facebook Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati divonis bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur di Pasal 45 ayat 3 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). 

"Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa Dewi Agung Wulansari selama 1 tahun 6 bulan dikurangi masa tahanan. Menghukum terdakwa‎ membayar denda Rp 10 juta subsidair kurungan 2 bulan," ujar hakim di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Senin (23/11/2020).

Dalam pertimbangannya, hakim menyebut fakta persidangan membuktikan bahwa Dewi Agung Wulansari memenuhi rumusan unsur tindak pidana yang didakwakan, yakni pasal 45 ayat 3 Undang-undang ITE. 

Yakni mentransmisikan, mendistribusikan atau membuat dapat diaksesnya data elektronik yang memuliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik‎. Selama persidangan. Putusan hakim lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yang menuntut Dewi Agung dengan dua tahun pidana penjara. 

"Unsur memberatkan, perbuatan terdakwa tidak sesuai dengan norma-norma yang ada di masyarakat serta yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum," ucap Hakim.

Baca juga: BREAKING NEWS, Wali Kota Cirebon Positif Covid-19, Kini Isolasi Mandiri di Rumah Dinas

Jaksa dalam kasus ini, Afif Prawiratama, menyatakan pikir-pikir untuk upaya banding. Sedangkan Rini Prihandani, pengacara Dewi Agung Wulansari, akan mengajukan banding.

"Kami ajukan banding‎ karena putusan hakim tidak mempertimbangkan satupun pembelaan kami," ucap Rini. Terdakwa dihadirkan di persidangan lewat teleconference. 

Ia mengatakan, Dewi Agung Wulansari merupakan seorang ibu yang mengasuh dua anak sejak ditinggal cerai oleh suaminya. Dengan dihukum itu, tidak mempertimbangkan kondisi psikologis anak-anak terdakwa. 

"Dengan hukuman ini, ada dua anak yang ditinggalkan ibunya karena menjalani hukuman. Artinya, putusan hakim tidak mempertimbangkan kondisi terdakwa," ujar Rini. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved