Breaking News:

Kampanyekan Protokol Kesehatan dan CHSE di Situs Gunung Padang Cianjur

Sejumlah mahasiswa, duta pariwisata dan komunitas mulai mengkampanyekan protokol kesehatan dan penerapan

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Ichsan
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Situs Gunung Padang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah mahasiswa, duta pariwisata dan komunitas mulai mengkampanyekan protokol kesehatan dan penerapan Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) di tempat wisata Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Rabu (18/11/2020). 

Program Wisata Edukasi Tematik Nusantara Adventure in West Java hari kedua ini mengunjungi dua lokasi wisata Gunung Padang di Kabupaten Cianjur dan Situ Gunung di Kabupaten Sukabumi. 

Gunung Padang menjadi objek wisata minat yang ikut terdampak pandemi Covid-19. Sejumlah sektor ikut terdampak, mulai dari pedagamg kecil, tour guide serta masyarakat yang sehari-hari mengais rezeki dari wisatawan yang datang ke Gunung Padang

Nanang, salah satu penjaga situs atau tour guide Gunung Padang mengatakan, diawal pandemi Covid-19, situs wisata Gunung Padang sempat tutup total selama empat bulan. 

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Angka Terkonfirmasi Positif Covid-19, Pemkab Sukabumi Siapkan Gedung Isolasi

"Virus corona ini memang terdampak semua, kami sebagai situs sekarang sudah dibuka dengan catatan protokol kesehatannya harus ditegakan dengan ketat," ujar Nanang, saat ditemui di Gunung Padang, Rabu (18/11/2020). 

Sebelum masuk, wisatawan diwajibkan mencuci tangan, dicek suhu tubuh dan menjaga jarak, dengan pembatasan rombongan wisatawan. 

"Ya, dulu itu berapapun rombongannya boleh masuk langsung, sekarang dibagi kloter maksimal 25 orang satu guide," katanya. 

Bertahap, situs wisata Gunung Padang mulai bergeliat, meski angka kunjungannya belum stabil seperti sebelum ada pandemi Covid-19. 

"Selama pandemi wisatawan belum ada peningkatan kembali karena masih banyak yang khawatir dengan virus, belum stabil masih minus masih sedikit, kecuali ada rombongan kunjungan," ucapnya.

Baca juga: Yena Iskandar Masoem Nilai Pasar Tumpah Justru Gerakan Roda Ekonomi, Bakal Diakomodir dan Ditata

Ia pun berterima kasih kepada Pemerintah yang sudah membantu membangkitkan ekonomi disektor pariwisata, khususnya wisata minat seperti di Gunung Padang

"Kalau dari pemerintah saya akui sangat mendorong, Pemda Cianjur, Pemprov Jawa Barat dan Kementrian juga sama," katanya. 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved