Breaking News:

Jokowi Pastikan Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia Bulan Ini, Siap Jadi Orang Pertama yang Disuntik

Ada sejumlah tahapan yang membuat Pemerintah harus sangat berhati-hati dalam mengadakan vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

ISTIMEWA
ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan vaksin Virus Corona (Covid-19) akan tiba di Tanah Air akhir bulan November tahun 2020 ini.

Namun vaksin yang tiba akhir November itu tidak akan langsung diberikan kepada masyarakat.

Ada sejumlah tahapan yang membuat Pemerintah harus sangat berhati-hati dalam mengadakan vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Satu di antaranya vaksin perlu melalui sejumlah tahapan pengujian berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), sebelum diberikan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Talkshow Rossi Spesial yang tayang di Kompas TV, Senin (16/11) malam.

"Akhir November itu vaksinnya datang, bukan disuntikkan. Vaksin datang itu, sekali lagi, masih harus melalui tahapan-tahapan lagi, yaitu lewat Badan POM. Bukan datang langsung disuntikkan, kan tidak seperti itu," ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, waktu pengujian vaksin Covid-19 di Badan POM memakan waktu kurang lebih tiga minggu sampai satu bulan.

Diperkirakan vaksin itu baru bisa diberikan kepada masyarakat pada akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021.

Presiden kelahiran Surakarta 21 Juni 1961 itu mengatakan, Pemerintah Indonesia sangat memperhatikan standar dan ketetapan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai pengadaan vaksin.

Artinya, vaksin Covid-19 yang dibeli Pemerintah Indonesia harus masuk dalam list WHO.

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved