Breaking News:

Pilkada Kabupaten Sukabumi

KPU dan Pemkab Sukabumi Akan Gelar Rapid Test Bagi KPPS dan yang Terlibat Dalam Pilkada 2020

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 diwilayah Kabupaten Sukabumi. Minggu (15/11/2020).

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Dedy Herdiana
ISTIMEWA
Ilustrasi: Calon PPDP KPU Kabupaten Sukabumi saat menjalani rapid test di Puskesmas Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jumat (10/7/2020). 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi akan segera mengelar rapid test terhadap sejumlah pihak yang terlibat dalam Pilkada 2020, seperti Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), petugas logistik ditingkat Kecamatan dan desa, peserta debat publik.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 diwilayah Kabupaten Sukabumi. Minggu (15/11/2020).

"Ada sebanyak 46.539 anggota KPPS yang akan segera dilakukan rapid test. Rapid test bagi anggota KPPS itu merupaka amanat dari KPU," ucap Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Baca juga: Merasa Dirugikan saat Debat Publik Pilkada Kab Bandung, Pendukung Pasangan Nomor 3 Protes

Baca juga: Debat Pilkada Kabupaten Bandung, Yena - Atep Kritik Cawabup Usman Sayogi saat Bahas Bandung Timur

Baca juga: KPU Kabupaten Sukabumi Menerima Sebanyak 5.171 Kotak Surat Suara

KPU memiliki kewajiban untuk menggelar rapid test terhadap KPPS, lanjut dia, namun KPU bukanlah ahlinya bidangnya, oleh karena itu pihaknya akan segera koordinasi dan bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Sukabumi.

"Setelah penetapan KPPS, rapid test rencananya akan dilakukan Selasa (11/24/2020), dan ada 400 titik lokasi pelaksanaan rapid tes," ucapnya.

Selain itu, pihaknya memita Pemkab Sukabumi untuk memasilitasi gudang disetiap Kecamatan dan desa untuk penyimpanan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas KPPS maupun anggota KPU.

Sementara itu, Pjs Bupati Sukabumi R. Gani Muhamad mengatakan, Pemkab Sukabumi akan mendukung semua percepatan kinerja KPU supaya berjalan lancar.

"Rencana pelaksaan rapid test yang akan segera dilakukan KPU sebagai persiapan Pilkada. Apalagi, dalam pelaksanaan pilkada kali ini harus memberikan rasa nyaman untuk penyelenggara maupun pemilih, dan kita akan melibatkan Dinkes dalam kegiatanya," katanya.

Dirinya menambahkan, Pemkab Sukabumi akan terus meningatkatkan sosialisasi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumuan.

"Berbagai upaya dalam menekan angka penyebaran Covid-19, akan terus digencarkan, selain itu kita juga lakukan operasi yustisi dibeberapa titik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved