Angin Kencang Terjang di 3 Kecamatan di Ciamis, Sebanyak 176 Rumah dan 1 Lumbung Padi Terdampak

Jumlah rumah rusak akibat terjangan angin kencang di Kecamatan Pamarican mencapai 160 rumah yanh tersebar di 6 desa.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
ISTIMEWA
ILUSTRASI-Rumah rusak akibat angin kencang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Amuk angin kencang yang melanda Ciamis, Jumat (13/11/2020) sore melanda 6 desa di Kecamatan Pamarican berikut Kecamatan Cisaga (1 desa) dan Kecamatan Cimaragas (1 desa). Sebanyak 176 rumah dan satu lumbung padi (leuit) terdampak.

Jumlah rumah rusak akibat terjangan angin kencang di Kecamatan Pamarican mencapai 160 rumah yang tersebar di 6 desa.

Berikut di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas 8 rumah dan di Desa Kepel Kecamatan Cisaga 8 rumah rusak berikut 1 lumbung padi yang tertimpa pohon rubuh.

Angin kencang yang melanda Ciamis,  Jumat (13/11/2020) sore tersebut menyusul hujan lebat dan sambaran petir.

Baca juga: Terbanyak Ungkap Kasus Kriminal, Satreskrim Polres Majalengka Dapat Penghargaan dari Polda Jabar

Menurut Koordinator Forum Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya kepada Tribun Sabtu (14/11/2020) dari data yang dihimpun relawan Tagana di lapangan, setidaknya ada 176 rumah yang terdampak angin kencang Jumat (13/11/2020) sore tersebut. Tidak ada korban jiwa.

“Tapi 3 keluarga terpaksa mengungsi sementara. Yakni 2 KK di Desa Sukajaya Pamarican dan 1 KK di Desa Kepel Cisaga,” ujar Ade Waluya.

Di Kecamatan Pamarican menurut Ade Waluya, ada 160 yang terdampak angin kencang. Paling parah di Desa Sukajaya sebanyak 100 rumah, kemudian Desa Pasir Negara (19 rumah di Dusun Pasir Rengit), di Desa Sidamulih (4 rumah di Dusun Malabar), di Desa Bantarsari (16 rumah masing-masing di Dusun Sirnabaya, Muktisri dan Dusun Cilisung), Desa Margajaya ( 17 rumah di Dusun Citalam) dan Desa Neglasari (3 rumah di Dusun Cigamping).

Dusun Kedung Bangkong di Desa Sukajaya Pamarican merupakan lokasi terparah terjangan angin kencang. Di dusun  ini tercatat 77 rumah rusak akibat amuk angin kencang tersebar di RW 08 dan RW 09.

Delapan rumah di antaranya porak poranda dihantam pohon tumbang. Aliran listrik sempat padam menyusul putusnya rentangan kabel di sejumlah titik akibat tertimpa pohon tumbang. Dua keluarga mengungsi di dusun ini.

Baca juga: Manusia Tercepat di Dunia: Cristiano Ronaldo Bisa Lebih Cepat dari Saya

Masih di Desa Sukajaya, di Dusun Sukamaju ada 22 rumah yang terdampak angin kencang berikut 1 rumah di Dusun Bangunjaya.

Warga Ciamis diingatkan tentang potensi terjadinya amuk angin kencang beberapa hari ini menyusul terjadinya cuaca ekstrim.

Perubahaan cuaca harian yang ekstrim, pagi sampai siang cuaca panas dengan sengatan matahari yang terik namun sore hari turun hujan yang disertai angin kencang dan petir seperti yang diingatkan BMKG.

Amuk angin kencang tersebut seperti yang diingatkan BMKG, tidak hanya berpotensi terjadi di Ciamis tetapi juga di beberapa daerah lainnya di Jabar

Baca juga: LINK LIVE STREAMING TVRI Debat Kedua Pilkada Bandung Malam Ini, Teh Nia, Yena, Dadang Beri Kejutan

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved