Breaking News:

Tak Lelah Sosialisasikan Cuci Tangan Pakai Sabun dan Kenakan Masker

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu mempersempit penyebaran Covid-19. Salah satunya yaitu dengan terus gencar menyosialisasikan protokol kes

dok/Tribun Jabar
Sejumlah pengelola pasar di Purwakarta dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 mulai menyediakan tempat cuci tangan bagi para pengunjung yang hendak masuk ke area pasar. 

BANDUNG, TRIBUN – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu mempersempit penyebaran Covid-19. Salah satunya yaitu dengan terus gencar menyosialisasikan protokol kesehatan ke masyarakat. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membagi-bagikan masker, hand sanitizer, atau face shield kepada masyarakat.  

Hal itulah yang coba dilakukan oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Majalengka. Mereka kembali turun ke jalan dalam rangka memutus rantai penyebaran virus korona. Tercatat sejak pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, AMM Majalengka terus gencar melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, salah satunya yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun.

Kegiatan ini bertujuan menyadarkan masyarakat agar turut serta membantu pemerintah dalam memutus mata rantai paparan virus tersebut. Ketua Umum Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Majalengka, Hendriana, Kamis (12/11), mengatakan, selain menyosialisasikan mencuci tangan dan protokol kesehatan lainnya, pihaknya terus berbagi masker kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk kepedulian AMM dalam upaya pencegahan virus Corona.

"Sudah sekitar tiga bulan terakhir, AMM Majalengka terus membagi-bagikan masker. Dalam setiap aksi, sekitar 200 sampai 300 buah masker kami berikan percuma kepada masyarakat," ujarnya.

Sampai saat ini, sambung Hendri, sudah ada 12 titik yang pernah didatangi untuk program kemanusiaan tersebut. Pihaknya lebih memaksimalkan pendisiplinan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di luar rumah yang kedapatan tidak mengenakan masker. "Fokus kami pengguna jalan raya," ucap Hendriana.

Dalam beberapa kali giat aksi sosialnya, saat ini terlihat adanya penurunan pelanggaran disiplin protokol kesehatan di kalangan masyarakat yang tidak menggunakan masker. Kegiatan sosialisasi protokol kesehatan akan terus dilakukan sampai masyarakat Indramayu benar-benar patuh protokol kesehatan. "Kami masih akan melakukan aksi ini di dua kecamatan lainnya yaitu di Kecamatan Kadipaten dan Maja," kata dia.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan dalam momen Hari Kesehatan Nasional ke-56 kemarin, meluncurkan “Gerakan Tepuk Tangan 56 Detik” sebagai apresiasi kepada tenaga kesehatan. Masih dalam momen HKN, DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat menggelar kegiatan pengabdian masyarakat.

"Pengabdian masyarakat dilakukan dengan melakukan pembagian masker bagi pengguna jalan di seputaran sekretariat DPW PPNI Jawa Barat Jalan Pasteur oleh perwakilan pengurus DPW, DPD, ikatan himpunan dan mahasiswa keperawatan," kata Humas DPD PPNI, Masdum Ibrahim, kemarin.

Sekretaris DPW PPNI Jawa Barat, Dr Masri Ers Mardjuki SH MSi, mengajak seluruh perawat di Jabar untuk terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta cuci tanga dengan sabun.

Ketua DPW PPNI Jawa Barat, Wawan Hermawan SKp MKep, menyampaikan dukungan bagi seluruh perawat yang menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan agar terus semangat dalam menjalankan tugasnya. "Bagi perawat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang sedang menjalani isolasi mandiri, baik di rumah, rumah sakit ataupun di tempal lainnya, agar selalu optimis dan tetap memperkuat iman dan imun," katanya.

Dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia akan menguatkan dan memotivasi tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas. Salah satu bentuk dukungan yang dapat diberikan berupa tepuk tangan yang meriah secara merentak di semua wilayah untuk para pahlawan kesehatan.

"Gerakan Tepuk Tangan 56 detik ini selain untuk apresiasi tenaga kesehatan juga untuk mengapresiasi seluruh unsur masyarakat yang telah melaksanakan protokol kesehatan secara baik dan benar,” kata dia.(*)

Penulis: Oktora Veriawan
Editor: Oktora Veriawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved