Pilkada Kabupaten Cianjur

Surat Suara Pilkada Tiba di Cianjur, Dikawal Ketat Kepolisian dan Diawasi CCTV

urat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur telah sampai di gedung GGM Jalan Ir H Djuanda Panembong, Kamis (12/11/2020)

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Ketua KPU Cianjur Selly Nurdinah dan Komisioner Bawaslu Cianjur Yuyun Yunardi melakukan pengecekan surat suara di gedung GGM Panembong 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur telah sampai di gedung GGM Jalan Ir H Djuanda Panembong, Kamis (12/11/2020) sekitar pukul 10.30 WIB.

Tiba dengan tiga buah truk, surat suara dikawal ketat pihak kepolisian. Proses penurunannya diawasi Bawaslu Cianjur dan disaksikan langsung oleh Ketua KPU Cianjur Selly Nurdinah.

"Surat suara telah datang di Cianjur pukul 10.30 WIB dibawa tiga mobil truk yang mengangkut sesuai DPT Cianjur 1,6 juta surat suara ditambah dua ribu surat suara untuk pemungutan suara ulang," kata Selly.

Baca juga: Jarang Muncul di TV, Artis Ini Banting Setir Jadi Pedagang Durian, Jualan Laris, Rezeki Tumpah Ruah

Selly mengatakan, untuk penyortiran akan dilakukan selama tiga hari dengan merekrut 300 penyortir yang sebelumnya dirapid tes terlebih dahulu.

"Kami mendapat rekomendasi dari hasil kajian bahwa penyortir hanya diperbolehkan sebanyak 50 persen dari kapasitas gedung, jadi kami hanya diperbolehkan merekrut 300 orang penyortir," kata Selly.

Selly mengatakan, pihaknya akan memasang CCTV untuk proses pengamanannya, selain ditugaskan pihak kepolisian yang menjaga surat suara.

"Penyortir nanti akan diberi jarak, saat ini kami mulai mapping untuk tempat duduk penyortir, kami sediakan juga faceshield masker, dan sarung tangan. Jika dalam perjalanan ada yang reaktif maka harus diganti," katanya.

Selly menargetkan penyortiran akan selesai dalam dua sampai tiga hari. KPU terlebih dahulu akan melakukan rapid tes besok, rencananya sortir lipat suara akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu.

Baca juga: KPU Kabupaten Sukabumi Menerima Sebanyak 5.171 Kotak Surat Suara

"Selesai penyortiran surat suara dikemas dulu dalam sampul lalu disegel," katanya.

Selly mengatakan, KPU masih menunggu sampul dan segel untuk pendistribusian surat suara setelah disortir.

"Logistik yang telah kami terima saat ini bilik suara, surat suara, dan kotak suara. Beberapa logistik lainnya belum kami terima lagi," kata Selly.

Komisioner Bawaslu Cianjur Yuyun Yunardi mengatakan, jumlah surat suara sudah sesuai kebutuhan TPS. Pihaknya saat ini tinggal menunggu tahapan KPU yang akan melakukan sortir dan lipat.

"Surat suara sudah sesuai kebutuhan TPS ditambah untuk surat suara pemungutan suara ulang. Saya melihat surat suara datang dalam kondisi baik," katanya.

Baca juga: Gudang Kapas Pabrik Tekstil PT Grantex Terbakar, Api Membumbung Tinggi

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved