Breaking News:

Tingkatkan Kebijakan Publik Pemda, Hikmahanto Bicara Soal Kerja Sama Pemda dengan Luar Negeri

Webinar ini diikuti para mahasiswa dan ASN dari sejumlah pemerintah daerah di Jawa Barat, dan ASN dari pemerintah daerah di luar provinsi Jawa Barat.

Editor: Dedy Herdiana
Istimewa
Ketua Kelompok Pengabdian Masyarakat Ilmu Pemerintahan, Dr Titin Rohayatin SIP MSI menyampaikan paparan sekaligus moderator pada Webinar Pengabdian Masyarakat Dorong Peningkatan Kualitas Kebijakan Publik di Pemerintahan Kota/Kabupaten di Jawa Barat, yang digelar Ilmu Pemerintahan Fisip Unjani, Selasa (10/11/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Jurusan/Program Studi Ilmu Pemerintah Universitas Jenderal Achmad Yani ( Unjani) Cimahi, Jawa Barat, menggelar webinar dengan tema "Peningkatan Kualitas Kebijakan Publik di Daerah pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat" pada Selasa (10/11/2020).

Webinar ini diikuti para mahasiswa dan ASN dari sejumlah pemerintah daerah di Jawa Barat, dan ASN dari pemerintah daerah di luar provinsi Jawa Barat.

Antusiasme peserta webinar tercermin dari membeludaknya jumlah peserta yang mencapai hampir 300 orang.

Baca juga: Webinar Ok Oce Cordoba Strategi Meningkatkan Iman, Imun dan Income di Saat Krisis Dan Covid-19

Baca juga: Hasil Uji Laboratorium Ceceran Hitam yang Cemari Pantai Indramayu Ternyata Bukan Minyak Mentah

"Webinar ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Ilmu Pemerintah Unjani bekerjasama dengan LPPM Unjani. Alhamdulillah pesertanya cukup banyak, sebanyak 277 orang dan saat webinar berjalan pun terus bertambah," kata Ketua Pelaksana Dr. Dadan Kurnia SIP dalam sambutannya.

"Alhamdulillah, tidak hanya ASN pemerintah daerah maupun ASN yang bekerja di lingkungan masing-masing DPRD di Jawa Barat, tapi ada juga ASN di luar lingkungan provinsi yang menjadi peserta dalam webinar ini," ungkap Dadan menambahkan.

Sementara Ketua LPPM Unjani Dr. Anceu Murniati, S.Si., M.Si. menjelaskan, pelaksanaan webinar oleh Unjani sangat penting karena akan membantu peningkatan status akreditasi dan poin ranking Unjani.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unjani menghadirkan narasumber Rektor Unjani Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D, Dekan FISIP Unjani Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si, dan Dr. Riant Nugroho dan moderator Dr Titin Rohayatin SIP MSI

Dalam pemaparan materinya berjudul "Kerja Sama Pemerintah Daerah dengan Luar Negeri dalam Perspektif Hukum Internasional", Hikmahanto menjelaskan, pentingnya pemerintah daerah di Jawa Barat membangun kerja sama dengan pemerintah daerah di luar negeri.

"Pemda perlu melihat ke luar negeri, sebagai perbandingan untuk mengejar ketertinggalan atau membagi kiat memajukan daerah. Bukan melihat ke negara lain membandingkan harga-harga," kata Hikmahanto.

Peluang pemda membangun kerja sama dengan pemda di luar negeri cukup terbuka dan sebenarnya mudah, seperti pernah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi Gyeong San Buk Do, Korea Selatan dalam berbagai bidang, khususnya pembinaan olahraga.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved