Breaking News:

Ketua YKKJRK Ajak Setiap Orang Berusaha Selalu Siap Berbagi dengan Sesama

Bakti sosial YKKJRK di masa pandemi ini, dilakukan untuk membantu mereka yang memerlukan bantuan instan dalam skala yang tidak begitu besar.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Dedy Herdiana
Istimewa
Warga tidak mampu di Kota Bandung dan Cimahi menerima paket makanan dan sembako pada kegiatan bakti sosial rutin yang digelar YKKJRK dibantu tim dari Javaretro Suites Hotel, dan TNI dari Kodam III/Siliwangi, Garnisun Tap II/Bandung, dan Kopassus, pada Minggu dan Senin (8-9/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 belum memberikan kepastian kapan akan berakhir secara global, termasuk di Indonesia.

Sementara kondisi ini telah memporak-porandakan berbagai sisi bidang kehidupan manusia.

Akibatnya, begitu banyak masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi ini yang membuat mereka kesulitan memenuhi kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Sule dan Nathalie Romantis di Medsos, Padahal Ada Berantemnya, Ini yang Buat Luluh Saat Lagi Emosi

Baca juga: Tetap Beribadah di Tengah Krisis, Ketua YKKJRK: Bantu Sesama Jadi Kewajiban bagi Mereka yang Mampu

Baca juga: Berbagi Makanan dan Sembako, Ketua YKKJRK: Anggaplah Orang Lain Lebih Utama dari Diri Sendiri

Aspek inilah, salah satunya, yang membuat Yayasan Kebhinekaan Kesatuan Jiwa Raga Kami ( YKKJRK) untuk menggelar bakti sosial rutin dua hari setiap minggu yakni Minggu dan Senin. Meskipun sebelum pandemi datang, YKKJRK pun secara rutin menggelar baksos sejak 2018.

Ketua YKKJRK, Petrus Adamsantosa, mengatakan bahwa baksos yang dilakukan pihaknya, khususnya di masa pandemi ini, dilakukan untuk membantu mereka yang memerlukan bantuan instan dalam skala yang tidak begitu besar.

"Kami hanya menyasar para pemulung, keluarga tidak mampu, hingga kaum difabel dan keluarganya, yang memerlukan uluran tangan. Karena bagaimana pun kami harus selalu bersiap membantu terhadap sesama," ujar Adam di sela kegiatan baksos, Minggu dan Senin (8-9/11/2020).

Adam mengatakan, untuk pekan ini, pihaknya menggelar baksos berbaginya Javaretro dibantu anggota TNI dari Garnisun Tap II/Bandung, Kodam III/Siliwangi dan Kopassus sebagaimana biasa, yakni di sejumlah area Kota Bandung dan Cimahi.  

Baksos ini membagikan 100 paket yang terdiri dari gula, beras, saus cabe, serta paket makan siang dalam boks dan minuman jahe merah seduh, dan botol minum.

Pada hari pertama, Minggu, tim Javaretro membagikan 29 pax secara random sepanjang jalan Kota Bandung. Kemudian sebanyak 29 pax dibagikan tim Garnisum yang dikoordinir Ngadiso, dan Aji staff Javaretro. Pembagian juga dilakukan secara random di sejumlah jalan Kota Bandung.

"Hari pertama total 58 pax dibagikan tim baksos," kata Adam.

Pada hari kedua, Senin, tim membagikan paket baksos secara random di area Bandung dan Cimahi.

Sejumlah paket baksos dibagikan di area Gunung Batu dikoordinir Restu dengan sasaran anak dan orang tua keluarga difabel.

Sisa paket lainnya, disebar di area Cipedes dikoordinir Yanto dengan sasaran  anak dan orang tua keluarga pemulung.

"Beberapa paket lain disebar di Kebon Kopi untuk penyandang disabilitas, kemudian di Buahbatu juga untuk disabilitas," kata Adam.

Adam menyebutkan bahwa di tengah pandemi, pihaknya merasa bahagia bisa memberikan sedikit rezeki dengan memberikan bantuan sekadarnya kepada mereka yang membutuhkan.

Dia berharap gerakan baksos ini bisa menjadi pemicu kepada mereka yang memiliki rezeki lebih untuk selalu siap membantu sesama.

"Baik saya, kami di tim, dan mereka yang mampu, hendaknya harus selalu berusaha siap mengulurkan bantuan bagi sesama," harap Adam. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved