Breaking News:

Dinilai Berhasil Kendalikan Penyebaran Covid-19, Kota Sukabumi Kini jadi Zona Kuning

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi menyebutkan kini wilayahnya masuk dalam zona kuning

tribunjabar/fauzi noviandi
Jubir Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi menyebutkan kini wilayahnya masuk dalam zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19.

Penetapan stastus tersebut berdasarkan penilaian dari sejumlah indikator yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Sebelumnya wilayah Kota Sukabumi masuk dalam zona oranye atau kategori risiko sedang hampir selama dua bulan, setelah angka kasus penyebaran Covid-19 terus mengalami peningkatan.

"Wilayah Kota Sukabumi sejak dua hari lalu sudah dirilis Pemprov Jabar, kita masuk dalam zona kuning atau risiko rendah," kata Jubir Penangan Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana diwawancarai di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukanumi, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Hari Pahlawan, Patok Tapak Tilas Soekarno di Indramayu Terbengkalai, Banyak Tumpukan Botol Miras

Sebelumnya wilayah Kota Sukabumi, lanjut dia, masuk dalam katergori zona risiko sedang atau oranye karena meningkatnya kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19, di kluster keagamaan.

"Sebelumnyakan sempat libur panjang dan adanya kluster keagaman dan membuat kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dalam satu hari bisa mencapai diatas 10 orang dalam satu hari," katanya

Menurutnya, setelah dilakukan sejumlah upaya dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan cara melakukan swab PCR massif dan pendekatan isolasi mandiri dengan pengawasan Puskesmas di setiap wilayah.

"Masuknya wilayah Kota Sukabumi dalam zona kuning merupakan keberhasilan dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 diwilayah Kota Sukabumi," ucapnya.

Baca juga: Fakta Terbaru Kasus Video Syur Mirip Gisel, 5 Akun Inilah yang Menyebarkan, Pemiliknya Masih Remaja

Wahyu menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan terus meningkatkan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat untuk menjaga status zona kuning saat ini agar tidak kembali turun ke zona risiko sedang.

"Kami akan terus menggelar berbagi kegiatan, agar wilayah Kota Sukabumi tetap kuning, karena untuk menjadikan zona hijau sangat sulit, lantaran syaratnya harus tidak ada kasus satu pun, sedangkan saat ini semua kecamatan terdapat pasien terkonfrimasi positif Covid-19," ucapnya.

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved