Breaking News:

Indonesia Hasilkan USD 1,1 Miliar, Industri Game Meningkat Tajam di Masa Pandemi Covid-19

Potensi industri game digital tengah mengalami peningkatan yang tajam di dunia, termasuk di Indonesia.

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Indonesia Hasilkan USD 1,1 Miliar, Industri Game Meningkat Tajam di Masa Pandemi Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Potensi industri game digital tengah mengalami peningkatan yang tajam di dunia, termasuk di Indonesia.

Dengan populasi sebanyak 267 juta jiwa, Indonesia menghasilkan USD 1,1 miliar dari industri gaming, mengalami pertumbuhan sekitar 8-9 persen per tahunnya, termasuk saat pandemi Covid-19.

Walaupun tampak menjanjikan, ternyata hanya 0,4 persen dari pemasukan tersebut mengalir ke game
developer lokal.

Hal ini sangat disayangkan mengingat industri gaming memiliki potensi yang tinggi untuk dapat tumbuh dan memberikan kontribusi lebih besar untuk Indonesia.

Sebagai salah satu winning industry di era pandemi ini, sektor gaming tidak hanya menarik untuk dibahas, tapi juga secara nyata telah memberikan dampak bagi para stakeholder yang terlibat di dalamnya.

Hal tersebut terkuak dalam sebuah webinar bertajuk “i360 on Gaming: Unleashing Indonesia’s Potentials” yang diselenggarakan Innovation Factory, Innovation and Technology Hub Indonesia, Jumat (6/11/2020).

"Dengan pertumbuhan pesat industri game saat ini, khususnya di tengah kondisi pandemi, kami percaya bahwa industri game akan menjadi salah satu pemenang dalam beberapa tahun ke depan,” ujar Program Director Innovation Factory, Agustiadi Lee.

Beberapa tahun terakhir ini, game telah banyak bergeser dari hanya sekedar permainan untuk menghabiskan waktu menjadi salah satu industri yang tumbuh pesat di dunia.

Kendati demikian, Indonesia sebagai market game terbesar masih perlu mengejar ketertinggalan dari China, Vietnam, dan Thailand.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved