Breaking News:

VIDEO-Diyakini Bisa Suburkan Padi, Warga Desa Pilangsari Berebut Nasi Kuning dalam Ritual Guar Bumi

Masyarakat Desa Pilangsari, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka saling berebut nasi kuning

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Teguh Kurnia

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Masyarakat Desa Pilangsari, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka saling berebut nasi kuning dalam ritual Guar Bumi di desa setempat, Rabu (4/11/2020).

Masyarakat percaya, jika mendapatkan nasi kuning yang disiapkan oleh pemerintah desa setempat, dapat menyuburkan benih padi yang ditanam oleh warga.

Acih (60), warga Desa Pilangsari yang ikut berebut dalam kegiatan tersebut mengaku, percaya bahwa nasi kuning itu dapat menambah kualitas benih padi yang lebih bermutu.

Dijelaskan dia, nasi kuning itu kemudian dikeringkan terlebih dahulu sebelum nanti dicampur dengan benih padi secukupnya.

"Nah nanti ketika pembenihan di lahan sawah saya, nanti saya taburkan merata agar lebih bagus," ujar Acih saat ditemui di lokasi, Rabu (4/11/2020).

Selain dapat menumbuhkan padi yang ditanamnya nanti, nasi kuning tersebut juga dipercaya membuat harga gabah nanti melonjak naik.

Ia pun sudah melakukannya sejak beberapa tahun terakhir.

"Semoga kali ini juga seperti itu dan berkah," ucapnya.

Kepala Desa Pilangsari, Didi Tarmadi menjelaskan nasi kuning yang diperebutkan oleh masyarakat itu merupakan simbol bahwa warna tersebut melambangkan kemuliaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved