Breaking News:

Triwulan lll 2020, Bank BJB Raup Laba Bersih Rp 1,2 Triliun, Tumbuh 5,9 Persen

Dirut bank bjb menyebutkan bahwa berdasarkan paparan kinerja Triwulan III 2020 dalam Pubex Live 2020, bank bjb memperoleh laba bersih Rp 1,2 triliun

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi bersama jajaran direksi menyampaikan paparan pada Public Expose (Pubex) 2020 yang disiarkan secara langsung melalui fasilitas webinar dari Menara Bank BJB, Jalan Naripan, Kota Bandung, Rabu (4/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Seperti tahun-tahun sebelumnya, bank bjb sebagai perusahaan terbuka, memenuhi kewajibannya melaksanakan kegiatan Public Expose (Pubex) yaitu suatu pemaparan umum kepada publik untuk menjelaskan mengenai kinerja perusahaan tercatat dengan tujuan agar informasi mengenai kinerja perusahaan tersebut tersebar secara merata.

Sebagaimana ketentuan, setiap perusahaan tercatat wajib melakukan Pubex sekurang-kurangnya satu kali dalam setahun bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), di mana pada tahun ini diselenggarakan sesuai dengan protokol kesehatan yang disiarkan secara langsung melalui fasilitas webinar yang dilaksanakan Rabu (4/11/2020).

Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, menyebutkan bahwa berdasarkan paparan kinerja Triwulan III 2020 dalam acara Pubex Live 2020, bank bjb secara konsolidasi berhasil memperoleh laba bersih Rp 1,2 triliun selama paruh ketiga tahun 2020 atau tumbuh sebesar 5,9 persen year-on-year (y-o-y).

Pertumbuhan laba tersebut dihasilkan dari total nilai aset bank bjb yang juga tumbuh sebesar 19,4 persen y-o-y menjadi Rp 147,6 triliun.

"Dalam peningkatan asset, dana pihak ketiga bank bjb berkontribusi dengan peningkatan yang cukup signifikan yaitu 17.3 persen menjadi Rp 147,6 trilliun, namun demikian pertumbuhan tersebut dapat dilakukan dengan efisien melihat rasio biaya dana yang berhasil ditekan menjadi 5,0 persen dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 5,4 persen," ujar Yuddy.

Yuddy menuturkan bahwa penyaluran kredit yang menjadi profit driver pada Triwulan III 2020 tumbuh 8,7 persen y-o-y dengan nilai total Rp 94,6 triliun.

Jumlah pertumbuhan total kredit yang ditorehkan bank bjb berada jauh di atas rata-rata pertumbuhan industri perbankan nasional sebesar 1,24 persen per Agustus 2020.

Pertumbuhan kredit ini diiringi dengan membaiknya rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) yang turun 25 BPS dari tahun lalu menjadi 1,5 persen jauh di bawah rata-rata NPL industri perbankan nasional sebesar 3,2 persen per Agustus 2020.

Menurut Yuddy Renaldi, capaian positif ini tidak terlepas dari bisnis model bank yang tahan dalam menghadapi dinamika perekonomian.

"Buktinya bank bjb mampu memanfaatkan momentum penuh tantangan di masa pandemi Covid-19 dengan langkah yang meyakinkan," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved