Breaking News:

Jumlah Wlayah Zona Merah Covid-19 Tinggal 19 Kota/Kabupaten

Meski begitu, dikatakan olehnya, jumlah kabupaten/kota yang masuk zona oranye atau risiko sedang mengalami peningkatan jumlah.

tribunjabar/handika rahman
(Ilustrasi) Kasus Positif Covid-19 di Indramayu, 20 Kecamatan Masuk Zona Merah 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menjelaskan soal perkembangan peta zonasi risiko secara mingguan.

Adapun menurut data, peta zona risiko mengalami pergeseran pada zona merah atau risiko tinggi.

Juru bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan pada zona merah, terlihat membaik dengan terjadi penurunan jumlah daerah dalam sepekan, dari 20 kabupaten/kota pada pekan lalu, menjadi 19 kabupaten/kota pada pekan ini.

Meski begitu, dikatakan olehnya, jumlah kabupaten/kota yang masuk zona oranye atau risiko sedang mengalami peningkatan jumlah.

Pekan ini, Wiku mengabarkan terjadi peningkatan dari 360 menjadi 371 kabupaten/kota pada pekan ini.

Jika daerah zona oranye semakin lengah, tidak menutup kemungkinan akan berpindah ke zona merah.

"Terlihat masih banyak daerah yang terlena dan lengah, serta merasa nyaman untuk berada di zona oranye. Ingat! Zona oranye juga masih berbahaya dan berisiko terjadi peningkatan penularan," ujar Wiku dalam keterangan tertulis Satgas yang diterima, Rabu (4/11/2020).

Wiku menambahkan terdapat penurunan signifikan pada zona kuning atau risiko rendah.

"Pekan sebelumnya ada 115 di zona kuning, pekan ini turun menjadi 104 kabupaten/kota. Sayangnya, terdapat peningkatan pada zona hijau yakni tidak ada kasus baru meningkat dari 7 menjadi 8 kabupaten/kota. Sedangkan zona hijau tidak terdampak jumlahnya pekan ini masih tetap seperti pekan lalu," sambungnya.

Wiku juga menyesalkan, meski dalam 5 bulan terakhir penanganan Covid-19 di berbagai daerah mengalami kemajuan, mayoritas daerah cukup nyaman berada di zona oranye.

"Dalam 4 minggu terakhir, terjadi peningkatan daerah zona oranye dari 65,73 persen menjadi 72,28 persen," lanjut Wiku.

 Pihaknya mendorong pemerintah daerah agar bekerja keras untuk segera keluar dari zona oranye menjadi zona kuning.

"Selain itu jumlah kabupaten/kota yang berada di zona hijau dan kuning masih sedikit karena berpindah ke zona oranye," pungkasnya.

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com  mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved