Breaking News:

Daftar 9 Kota/Kabupaten Baru di Jabar, Pemprov Serap Aspirasi Pemekaran, Ada Kota Lembang & Cikampek

Ada sembilan daerah yang mengajukan pemekaran wilayah atau membentuk DOB di Jabar. Termasuk Kota Lembang dan Kabupaten Cikampek.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Isep Heri
Sejumlah warga mulai berdatangan ke Alun-alun Lembang, Kabupaten Bandung Barat untuk merayakan malam tahun baru 2018, Minggu (31/12/2017). Lembang menjadi calon daerah otonomi baru (DOB) menjadi Kota Lembang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong upaya pemekaran daerah otonomi baru (DOB) di Jawa Barat.

Dengan bertambahnya DOB, jumlah kabupaten atau kota di Jawa Barat akan bertambah dari yang kini baru berjumlah 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Kang Uu ini berujar bahwa pemekaran wilayah atau pembentukan DOB menjadi penting guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, mempercepat pembangunan daerah, serta menunjang pemerataan anggaran ke daerah.

Ia pun berharap pemerintah pusat bisa menerima aspirasi masyarakat Jawa Barat yang telah lama diajukan tersebut.

“Dengan pemekaran wilayah, pelayanan ke masyarakat semakin hebat, semakin dekat, pembangunan semakin cepat, anggaran semakin besar datang ke daerah. Oleh karena itu, saya meminta kepada para pemegang kebijakan di pusat, tolong perhatikan aspirasi masyarakat Jawa Barat karena ini kepentingan bersama dan permintaan pemekaran bukan hanya sekarang, tapi sudah 20 tahun ke belakang,” ujarnya melalui ponsel, Rabu (4/11/2020).

Menurut Kang Uu, dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa dan luas wilayah 35.377,76 km persegi, pengajuan pemekaran wilayah bukan hal baru di Jabar.

Baca juga: Sherina dan Baskara Menikah Banjir Ucapan, Ada yang Bilang Hari Patah Hati Nasional

Keinginan masyarakat akan hadirnya calon DOB ini pun harus terus dijembatani ke pemerintah pusat.

Selama ini diketahui, dengan luas wilayah dan jumlah penduduknya yang terbesar se-Indonesia, Jabar hanya memiliki 27 kabupaten dan kota.

Berbeda dengan Jawa Timur yang memiliki 38 kabupaten dan kota serta Jawa Tengah yang sudah memiliki lebih dari 35 kabupaten dan kota, padahal memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dari Jabar.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved