Breaking News:

Usai Libur Panjang, Masyarakat yang Bepergian Dari Luar Kota diimbau Lakukan Hal Ini

Saat arus balik libur panjang, masyarakat diimbau mematuhi protokol kesehatan, khususnya saat beristirahat di rest area, untuk cegah Covid-19

ahmad imam baehaqi/tribun jabar
Sejumlah kendaraan besar saat keluar dari jalur tol di GT Palimanan 4 Tol Palikanci, Kabupaten Cirebon, Sabtu (31/10/2020). 

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas saat arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Eddy Djunaedi, mengatakan, antisipasi yang dilaksanakan ialah menempatkan personel Ditlantas Polda Jabar dan Satlantas Polres jajaran sejumlah titik.

Selain itu, menurut dia, para petugas juga akan berpatroli rutin untuk mengimbau masyarakat agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Baca juga: Banjir Sudah Surut di 4 Kecamatan di Ciamis, Warga Masih Khawatir, 1.140 Rumah Terendam

"Kami juga menyiagakan mobil Traffic Accident Analysys (TAA) untuk antisipasi kecelakaan menonjol," kata Eddy Djunaedi saat ditemui usai meninjau arus balik libur panjang di GT Palimanan 4 Tol Palikanci, Kabupaten Cirebon, Sabtu (31/10/2020).

Namun, Eddy tidak menginginkan adanya kecelakaan lalu lintas selama arus balik libur panjang kali ini sehingga mobil TAA tersebut tidak perlu digunakan.

Ia berharap, pelaksanaan arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW berjalan lancar dan masyarakat selamat sampai tujuan.

Baca juga: Arus Balik Libur Panjang, Daerah Rawan Longsor dan Banyak Jalan Berkelok Ini Jadi Perhatian

Pihaknya juga mengklaim angka kecelakaan selama libur panjang kali ini menurun drastis.

Bahkan, di wilayah hukum Polda Jabar hanya ada dua korban meninggal dunia akibat kecelakaan selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Jangan sampai bertambah korban fatal akibat kecelakaan ini, semuanya harus selamat sampai tujuan," ujar Eddy Junaedi.

Baca juga: Libur Panjang Usai, Puluhan Wisatawan Lakukan Rapid Tes, Puluhan Reaktif

Eddy juga mengimbau masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan, khususnya saat beristirahat di rest area, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bahkan, ia menyarankan masyarakat melaksanakan rapid test maupun swab test saat tiba di Jakarta setelah menikmati libur panjang di kampung halamannya.

"Tidak ada salahnya saat tiba di Jakarta ikut tes untuk memastikan kita tidak terpapar virus corona," kata Eddy Djunaedi.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved