Breaking News:

Rapid Tes di Objek Wisata Tekan Penyebaran Covid-19

Penerapan status Siaga 1 untuk kunjungan wisata di Jawa Barat selama libur panjang cuti bersama tak hanya isapan jempol belaka.

Dok Tribun Jabar
Sejumlah wisatawan saat melakukan rapid tes di Pantai Karangsong Indramayu, Kamis (29/10/2020). 

BANDUNG, TRIBUN – Penerapan status Siaga 1 untuk kunjungan wisata di Jawa Barat selama libur panjang cuti bersama tak hanya isapan jempol belaka. Status Siaga 1 benar-benar dilakukan dengan memperketat pengawasan protokol kesehatan. Salah satunya dengan melakukan rapid tes secara acak di beberapa objek wisata untuk mencegah wisatawan dengan status reaktif masuk ke area objek wisata.

Di kawasan Pantai Pangandaran, tes rapid secara acak digelar sejak Kamis (29/10) sampai Minggu (1/11). Sasarannya adalah wisatawan dan pelaku usaha.

Menurut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan  Pangandaran, Untung Saeful Rahman, mengatakan rapid tes tersebut  diberlakukan bagi wisatawan yang berkunjung ke lima objek wisata yang dikelola Pemkab Pangandaran. Yakni Pantai Krapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Batukaraas dan Green Canyon.

Wisatawan yang mengunjungi objek wisata tersebut akan menjalani rapid test yang dilakukan petugas Dinkes Pangandaran dan petugas puskesmas setempat. “Bila ada wisatawan yang hasil rapid testnya reaktif. Langsung direkomendasikan untuk menjalani test swab di labkesda hari itu juga,” katanya.

Di Lembang, rapid tes secara acak dilakukan juga oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Dinkes setempat menyiapkan kit sebanyak 1.000 rapid tes selama libur panjang akhir pekan ini. Di hari pertama rapid tes acak, Dinkes secara random memeriksa wisatawan yang berkunjung ke Lembang Park and Zoo.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Hernawan, mengatakan dari pengambilan 49 sampel yang sudah dilakukan di hari pertama, semua wisatawan yang diperiksa dinyatakan non reaktif. Selanjutnya rapid tes dilakukan di dua titik lainnya yaitu di Terminal Wisata Grafika Cikole dan di Lereng Anteng. Jika ada pengunjung suhu tuhuhnya di atas 37 derajat ke atas akan langsung dilakukan rapid tes.

Di kawasan objek wisata Bandung Selatan, Pemkab Bandung mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan tes rapid kepada wisatawan dari luar kota. Menurut juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Bandung, Yudi Abdurrahman, rapid tes untuk wisatawan luar kota digelar di Pangalengan dan Ciwidey.

Memang di daerah Pangalengan dan Ciwidey, banyak tempat wisata yang kerap dikunjungi para pelancong, seperti kawah putih, Kampung Cai Rancaupas, Situ Cileunca dan lainnya. "Ya, itu bagian dari pelayanan untuk warga dari luar Kabupaten Bandung, yang berkunjung atau berwisata ke wilayah Kabupaten Bandung," ujar Yudi.

Ketika ada wisatawan yang reaktif saat rapid tes maka terdapat penanganan lanjutan dari tim gugus tugas penanganan Covid 19 Kabupaten Bandung. "Jika ada yang reaktif (saat rapid tes) langsung diswab tes, dan diminta untuk pulang ke (tempat) asal yang bersangkutan," ucapnya.

Di Pantai Karangsong Indramayu, tes rapid juga dilakukan secara acak kepada wisatawan. Rapid tes diinisiasi oleh petugas Kodim 0616 Indramayu dan Dinkes Kabupaten Indramayu. Mereka melakukan rapid tes kepada setiap wisatawan yang datang, terutama wisatawan dari luar Kabupaten Indramayu.(*)

Penulis: Oktora Veriawan
Editor: Oktora Veriawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved