Ubah Laku

Kampung Babakan Sari, Delapan Bulan Tanpa Kasus Covid-19, Bertahan Sekuatnya di Zona Hijau

Kampung Babakan Sari merupakan kampung padat penduduk dan permukiman. Itu karena di kampung ini banyak sekali kos-kosan mahasiswa.

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
TribunJabar.id/Machmud Mubarok
Tiga anak Kampung Babakan Sari Kelurahan Padasuka Kota Cimahi bermain game di depan warung sambil tetap memakai masker, Sabtu (31/10/2020). Selama 8 bulan pandemi Covid-19, Kampung Babakan Sari tetap bertahan di zona hijau, tanpa kasus Covid-19 satu pun. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Machmud Mubarok

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Hampir 8 bulan virus Corona menyerang Indonesia. Selama itu pula penyakit Covid-19 yang menyebabkan pandemi Covid-19 telah menyebabkan ratusan ribu orang terpapar Covid1-9. Data terakhir per Sabtu (31/10/2020), jumlah kasus Covid-19 di Indonesia lebih dari 410 ribu.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah pusat dan daerah untuk mencegah penyebaran virus Corona ini. Mulai Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB), Pembatasan Sosial Skala Mikro (PSBM), Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan penerapan protokol kesehatan.

Namun penambahan kasus masih saja dalam hitungan ribuan setiap harinya. Dibutuhkan upaya keras dari seluruh stakeholder dan elemen masyarakat untuk benar-benar disiplin menerapkan 3M atau 4 M atau 5 M dalam kehidupan sehari-hari.

Nyaris tidak ada satu jengkal pun tanah di Indonesia yang tidak disambangi virus Corona, termasuk Kota Cimahi. Cimahi yang dikenal sebagai kota militer ini bahkan sudah dua kali masuk zona merah atau zona risiko tinggi penyebaran Covid-19 selama pandemi ini. Kebanyakan bertahan di zona oranye atau zona sedang.

Klaster-klaster awal penyebaran virus Corona di Jabar juga ada yang berasal dari Cimahi. Sebut saja, klaster institusi agama dan klaster Pusdikpom. Hingga saat ini, dari 3 kecamatan dan 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi, semuanya sudah merasakan kasus positif Covid-19.

Data per Sabtu (31/10/2020) menunjukkan, jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 566 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 105 terkonfirmasi aktif, 443 orang sembuh, dan 18 orang meninggal dunia.

Tapi rupanya, ada beberapa daerah yang masih bertahan zero kasus alias zona hijau selama pandemi ini. Salah satunya RW 09 Kampung Babakan Sari di Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah.

Tak pernah terdengar kasus covid-19 dialami oleh warga Babakan Sari. Padahal, Kampung Babakan Sari merupakan kampung padat penduduk dan permukiman. Itu karena di kampung ini banyak sekali kos-kosan mahasiswa. Maklum, Babakan Sari bersebelahan dengan kampus Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Cimahi.

Kampung ini pun punya potensi tinggi penyebaran virus Corona. Itu terjadi karena mobilitas tinggi dari warga yang banyak jadi pedagang kelontong dan warung makan.. Mereka pergi ke pasar setiap hari. Potensi juga datang dari luar. Kehadiran mahasiswa lintas daerah yang tidak bisa diawasi ketat bisa jadi sumber penyebaran Covid-19.

Lantas apa yang menjadikan Kampung Babakan Sari bisa bertahan di zona hijau, tanpa ada kasus sama sekali selama 8 bulan ini? Ketua RW 09 Wadi Suwarsa menjelaskan, saat pertama kali ada kasus Covid-19 yang diumumkan Presiden Jokowi, pihaknya mulai mengumpulkan sejumlah informasi yang valid untuk disebarkan kepada warga supaya tidak terjadi kepanikan.

Pemakaian masker pun kemudian digencarkan berikut dengan sosialisasi protokol kesehatan.

“Sampai kini, penyuluhan protokol kesehatan itu selalu kami lalukan, supaya warga sadar bahwa ada virus Corona di sekitar kita. Kalau kita tidak disiplin menjalankan 3 M plus 2 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menjaga imun dan menjaga iman, bukan mustahil warga akan mudah terpapar covid,” kata Wadi yang juga anggota Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Kelurahan Padasuka, kepada Tribun, Sabtu (31/10/2020).

Ketika kasus covid-19 semakin banyak dan meluas, lanjut Wadi, pihaknya tak segan untuk melakukan lock down lokal. Ketika selama bulan Mei, pihak RW menutup semua akses masuk ke dalam kampung Babakan Sari. Akses dari arah kampus Unjani berupa portal besi dikunci. Lalu dari arah utara dan barat juga dihalangi portal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved