Breaking News:

Libur Panjang Cuti Bersama, Volume Kendaraan di Jalur Gentong Meningkat, Polisi Berjaga-jaga

Libur panjang cuti bersama kali ini volume kendaraan yang melintas di jalur selatan atau di kawasan Gentong

tribunjabar/firman suryaman
Libur Panjang Cuti Bersama, Volume Kendaraan di Jalur Gentong Meningkat, Polisi Berjaga-jaga 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Libur panjang cuti bersama kali ini volume kendaraan yang melintas di jalur selatan atau di Jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya terpantau meningkat, Kamis (29/10/2020).

Arus lalu-lintas di jalan negara lintas selatan di kawasan Gentong meningkat sekitar 20 persen dari hari-hari biasa.

Jajaran Polsek Kadipaten bersama personil Polresta Tasikmalaya melakukan pengamanan di kawasan Gentong sepanjang sekitar 7 km.

Kawasan Gentong yang berkelok-kelok, naik-turun melintasi perbukitan, selama ini dikenal sebagai sebagai ruas jalan negara yang rawan macet, kecelakaan serta longsor.

Dari arah Tasikmalaya menuju Bandung, kawasan Gentong menjadi jalur menanjak. Sedangkan dari arah Bandung kebalikannya.

Baca juga: PT LMS Siagakan Puluhan Kendaraan Operasional di Tol Cipali Selama Libur Panjang

"Dari kedua arah sama-sama rawannya. Dari arah Tasik suka ada truk tak kuat menanjak dan menimbulkan kecelakaan. Begitu pula dari arah Bandung ada truk blong rem dan juga menimbulkan kecelakaan," kata Kapolsek Kadipaten, AKP Erustiana, saat pengamanan di lokasi.

Jika terjadi musibah kecelakaan di kawasan Gentong yang fenomenal ini, kemacetan pun tak terhindarkan. Terutama jika terjadi pada suasana weekend atau liburan.

Karenanya, lanjut Erustiana, memasuki libur panjang cuti bersama ini, pihaknya melakukan pengamanan di sepanjang kawasan Gentong.

"Dari pantauan kami, ada peningkatan volume lalu-lintas sekitar 20 persen dari hari-hari biasa. Ini bisa diprediksi sebagai arus liburan maupun pulang kampung," ujar Erustiana.

Sejauh ini arus terpantau lancar, tidak sampai ada kepadatan apalagi kemacetan. Pantauan pagi hari, terjadi peningkatan. Begitu juga selepas tengah hari arus kembapi meningkat.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Isuzu Panther dari Tahun 1994 Sampai 2011, Ada yang Rp 30 Jutaan Saja

"Kami imbau pengendara yang melintasi kawasan Gentong untuk berhati-hati dan bersabar, agar tidak sampai terjadi musibah kecelakaan," ujar Erustiana.

Karena kalau terjadi kecelakaan, tidak hanya penumpang yang jadi korban, tapi juga pengendara lain akibat arus lalu lintas yang jadi macet.

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved