Breaking News:

Wujudkan Visi Making Indonesia 4.0, PT Telkom Gandeng Perusahaan Teknologi IoT Belanda

Teknologi IoT akan jadi layanan primer di kemudian hari, terlebih untuk mengimbangi perkembangan industri 4.0, keberadaan IoT jadi sebuah keniscayaan

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Dedy Herdiana
researchgate.net
Head of IoT Telkom Indonesia, I Ketut Agung Enriko 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Teknologi Internet of Things ( IoT) akan menjadi layanan primer di kemudian hari, terlebih untuk mengimbangi perkembangan industri 4.0, keberadaan IoT menjadi sebuah keniscayaan.

Untuk itulah, guna mewujudkan visi Making Indonesia 4.0, PT Telkom Indonesia dan pemimpin operator jaringan global dalam teknologi IoT asal Belanda, Everynet BV, mengumumkan kerjasama perluasan infrastruktur jaringan IoT.

Menurut CEO Everynet, Lawrence Latham, sebelumnya pihaknya telah bekerja sama dengan Telkom selama setahun terakhir guna memastikan kepatuhan penuh dengan persyaratan nasional yang ketat.

“Kami termasuk yang pertama mencapai persetujuan Kominfo, dan juga yang pertama menerapkan cakupan percontohan dan uji coba yang berhasil di Indonesia, yang kami lakukan di Jabodetabek dan Bali," kata Lawrence dalam keterangan pers, Selasa (27/10/2020).

Menurut Lawrence, platform IoT yang dijalankan Everynet adalah LoraWAN (Long Range Wide Area Network) yakni sebuah protokol terbuka yang diadopsi secara global guna memfasilitasi perangkat-perangkat IoT untuk saling berkomunikasi.

Everynet sendiri telah membuka cabang antara lain di Miami, London, Milan, Helsinki, dan Taipei, serta sebelumnya beraliansi dengan Nokia, AWS, American Tower, dan LoRa Alliance.

Lawrence mengaku pihaknya merasa terhormat bisa bekerjasama terkait peran sentral Telkom dalam pasar telekomunikasi Indonesia.

"Everynet secara khusus merasa terhormat dapat dipilih sebagai mitra untuk berinvestasi, membangun dan mengoperasikan infrastruktur jaringan LoRaWAN nasional guna memungkinkan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia," ujarnya.

Lawrence mengatakan bahwa dengan host netral dan arsitektur teknis terbuka Everynet, serta model bisnis wholesale, kerjasama kedua pihak ini memungkinkan semua MNO, ASP, MSP & ISP di Indonesia menawarkan layanan IoT LoRaWAN yang kuat dengan biaya rendah namun cepat untuk memperoleh pendapatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved