Breaking News:

Demo Tolak UU Cipta Kerja

VIDEO Kondisi Unjuk Rasa Buruh di Gedung Sate, Massa Longmarch dari Monumen Perjuangan

Sejumlah buruh dari berbagai elemen konfederasi serikat pekerja mulai dan terus berdatangangan secara bertahap di Monumen Perjuangan (Monju).

Penulis: Cipta Permana | Editor: yudix

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah buruh dari berbagai elemen konfederasi serikat pekerja mulai dan terus berdatangangan secara bertahap di Monumen Perjuangan (Monju) Jawa Barat, pukul 10.30 WIB.

Monju menjadi titik kumpul sebelum menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Sate dan DPRD Jawa Barat, Selasa (27/10/2020).

Berdasarkan pantauan lapangan, rombongan buruh datang menggunakan berbagai kendaraan roda dua, roda empat, hingga bus yang dihiasi oleh spanduk dan bendera dari masing-masing konfederasi.

Para peserta aksi langsung pun berbaur dengan kelompok buruh lainnnya.

Bahkan beberapa di antaranya menyerbu lapak-lapak pedagang kaki lima untuk sekadar membeli sarapan dan kebutuhan lainnya, seperti camilan, air mineral kemasan, hingga rokok.

Sekitar pukul 11.15 WIB, massa aksi pun mulai mempersiapkan diri untuk menggelar aksi longmarch menuju Gedung Sate dan DPRD Provinsi Jawa Barat.

Dipimpin sebuah mobil komando dan diikuti rombongan motor buruh, peserta aksi pun bergerak sambil tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menerapkan physial distancing atau menjaga jarak dalam barisan selama longmarch.

"Hari ini kita, buruh di Jawa Barat kembali di paksa untuk turun aksi ke jalan memperjuangkan nasib dan kesejahteraan, setelah Menaker (Menteri Ketenagakerjaan) mengeluarkan surat edaran bagi seluruh buruh Indonesia untuk menyepakati UMP tahun 2021 tidak naik. Hal ini menjadi bukti adanya konspirasi antara pelaku bisnis, pengusaha, dan pemerintah pusat mencari keuntungan dengan mengorbankan nasib rakyat," ucap orator dari atas mobil komando yang menuju Gedung Sate.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved