Breaking News:

Grab Buka Iklan Gratis buat UMKM yang Menjangkau Jutaan Pengguna dan Kesempatan Menambah Penghasilan

Menurut Richard Aditya, Director of West Indonesia,Grab Indonesia, dengan iklan ini penjualan mitra Grab Food dan Grab Mart meningkat sampai 20 persen

Tribun Jabar/Siti Fatimah
Bantu Pulihkan Ekonomi, Grab Percepat Digitalisasi UMKM Jawa Barat Lewat 6 Solusi #TerusUsaha 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Darajat Arianto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diberikan sejumlah perusahaan. Salah satunya adalah ditunjukkan perusahaan aplikasi terkemuka, Grab Indonesia.

Menurut Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia, sebagai penyumbang besar perekonomian negara, UMKM perlu diberikan dukungan dan kesempatan. Tujuannya agar UMKM bisa semakin dekat dengan para pembelinya sehingga bisa meningkatkan penjualan.

“Kami siapkan portal-portal yang memudahkan UMKM bergabung dengan platform kami. Yang terdaftar se-Indonesia mencapai 350.000 UMKM dan di Jabar ada puluhan ribu. Untuk itu kami terus melakukan pembinaan dengan edukasi, salah satunya melakukan pelatihan digitalisasi yang bekerja sama dengan Disperindag Jabar dan juga Dekranasda Kota Bandung,” kata Richard saat wawancara virtual eksklusif dengan Tribunjabar.id, Jumat (9/10).

Ia menambahkan, pelatihan yang dilakukan secara virtual tersebut untuk percepatan digitalisasi bisnis kepada UMKM supaya daya saing mereka meningkat.

Selain itu, kata Richard, Grab membuat inisatif dengan visibilitas UMKM agar maksimal. “Visibilitas ini dilakukan melalui aplikasi di Grab untuk bisa mempromosikan iklan-iklan mereka secara gratis dan muncul di halaman utama kami, di medsos, dan saluran digital Grad serta ada influencer yang membantu mempromosikan UMKM,” ujar Richard.

Baca juga: Grab Gelar Online Bazar #TerusUsaha Serentak di 16 Kota, Promosikan 52.000 UMKM Lokal

Menurutnya, iklan ini sudah menjangkau 15 juta masyarakat pengguna. Dengan iklan ini penjualan mitra Grab Food dan Grab Mart meningkat sampai 20 persen selama periode promosi iklan ini.

Richard mengatakan, untuk meningkatkan visibilitas tersebut, Grab juga memberikan fitur Grab Ads Self Service. Dengan fitur ini UMKM bisa membuat iklan secara kreatif dan bisa dengan mudah mengikuti iklan yang sudah ada.

“Proses pembuatan tiga menit karena sistemnya sudah memandu iklannya dengan mudah. Bisa mengikuti tipe iklannya kayak apa, banner seperti apa, desain warna apa supaya muncul saat dicari. Tapi ini ada harganya, cuma murah, yakni Rp 57.000 untuk iklan satu hari,” ujarnya.

Richard menambahkan, pelatihan tentang digitalisasi sangat diperlukan oleh para pelaku usaha agar mendapatkan pengetahuan tentang cara menjalankan bisnisnya melalui teknologi. Hal ini sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap orang bisa menikmati manfaat dari ekonomi digital dan tentu saja sangat dibutuhkan di era modern, terlebih saat masa pandemi yang memaksa masyarakat mengubah kebiasaan mereka dalam memenuhi kebutuhannya.

Halaman
12
Penulis: Darajat Arianto
Editor: Darajat Arianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved