Breaking News:

Teknologi Inklusif Grab Bantu Jutaan UMKM Beradaptasi di Tengah Pandemi dan Dorong Roda Ekonomi

Aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, Grab, kembali kembali meluncurkan berbagai inisiatif baru untuk membantu UMKM

Istimewa
Aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, Grab, kembali kembali meluncurkan berbagai inisiatif baru untuk membantu UMKM 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.ID - Keberadaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu faktor penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Untuk itulah Grab terus berupaya memberikan dukungan maksimal kepada pelaku UMKM agar tetap
bisa berusaha dan bangkit di masa pandemi.

Selama pandemi, Grab telah berhasil mendigitalisasi lebih dari 350.000 UMKM baru dan menghadirkan lebih dari 40 solusi digitalisasi. Berbagai upaya pun dilakukan Grab melalui program #TerusUsaha dengan memberikan beberapa terobosan penting yang ditujukan bagi para pelaku UMKM.

Beberapa upaya yang dilakukan itu adalah menyiapkan teknologi yang inklusif, memperkuat komunitas UMKM, membaharui berbagai fitur layanan, serta memberikan promosi, pelatihan dan penyaluran modal usaha.

Dalam inovasi pertama yaitu menyiapkan teknologi yang inklusif, Grab menyiapkan platform teknologi agar siapa saja bisa memulai bisnis digital. Hal ini dilakukan melalui tiga hal yakni; Aplikasi GrabMerchant dimana mitra GrabFood dan GrabMart bisa mendaftar, mengelola bisnis, mendapatkan laporan penjualan dan lain-lain dalam satu aplikasi; Aplikasi GrabKios yang ditujukan bagi individu yang ingin mendaftar sebagai agen dan menawarkan layanan digital dan finansial dengan mudah dan cepat; kemudian Layanan GrabMart yakni layanan belanja kebutuhan harian dari toko kelontong, supermarket, dan mitra UMKM terpercaya.

tribunnews

Inovasi kedua fokus memberikan wadah untuk berdiskusi, berbagi informasi dan bertukar pikiran antar UMKM.

Di sini, Grab menyiapkan tiga poin penting yaitu; portal khusus UMKM berisikan tips usaha, kisah sukses dan informasi pendaftaran sebagai mitra Grab di www.GrabForGood.id, yang berisi tips usaha, kisah sukses, dan informasi pendaftaran menjadi mitra Merchant; Klub Juragan GrabExpress untuk para social sellers berkomunikasi, mengikuti kelas pelatihan atau seminar, dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan GrabExpress.

Juga tersedia banyak promo menarik bagi peserta klub ini yang dapat dilihat di akun Instagram @KlubJuraganGrabExpress; serta akun Instagram @GrabMerchantID dihadirkan khusus untuk mitra dan calon mitra merchant GrabFood dan GrabMart untuk mendapatkan informasi terkait digitalisasi bisnis bersama Grab. Terdapat banyak tips dan informasi menarik yang bisa membantu merchant UMKM mengembangkan bisnis.

Inovasi ketiga adalah Pembaharuan Fitur yaitu dengan menambahkan fitur untuk terus memudahkan UMKM tumbuh.

Melalui inovasi ini, Grab menyiapkan empat layanan yaitu; Kirim Antar Kota dimana konsumen kini bisa mengirim barang ke semua kota di Indonesia bersama GrabExpress dan Ninja Xpress; GrabAssistant dimana konsumen kini bisa belanja dari UMKM dan toko manapun di 105 kota; Pengelolaan Iklan Mandiri dan Solusi Mitra GrabMerchant, yang memungkinkan seluruh Mitra Merchant Grab membuat iklan untuk promosi bisnis, membuat kemasan, memesan layanan pembersihan restoran, dan membeli keperluan dapur lewat aplikasi semuanya lewat GrabMerchant.

Halaman
123
Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved