Breaking News:

Makin Menjanjikan, Industri Kosmetik akan Semakin Berkembang pada 2021

Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap penjualan sejumlah sektor industri pada 2020.

Istimewa
Makin Menjanjikan, Industri Kosmetik akan Semakin Berkembang pada 2021 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap penjualan sejumlah sektor industri pada 2020.

Namun demikian, sejumlah sektor lain masih tetap menunjukkan kinerja positif karena tidak terlalu terdampak. Industri kosmetik adalah termasuk salah satunya.

Menurut CEO CV Skin Solution, Rizki Ananda Musa, masa pandemi memang sangat menyulitkan, akan tetapi untuk industri kosmetik hal itu bukan menjadi suatu halangan dalam hal penjualan karena penjualan lebih mengedepankan ke sistem daring.

Rizki merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa pada triwulan I tahun 2020, kinerja industri kimia, farmasi dan obat tradisional (termasuk sektor kosmetik) mengalami pertumbuhan yang gemilang sebesar 5,59 persen.

Bahkan, di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19, kelompok manufaktur ini mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap devisa melalui capaian nilai ekspornya yang menembus US$ 317 juta atau Rp 4,44 triliun (kurs Rp 14.000/US$) pada semester I-2020 atau naik 15,2 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

"Mungkin di awal masa pandemi agak berat karena bahan baku mengalami kenaikan, tetapi itu bisa di siasati dengan menekankan strategi penjualan produknya," ujar Rizki dalam siaran pers daring, Sabtu (24/10/2020).

Rizki menyebutkan bahwa menghadapi 2021, industri kosmetik bisa tumbuh semakin besar. hal ini didasari semakin banyaknya konsumen yang peduli akan kesehatan kuli, terutama kaum wanita.

Menurut Rizki yang juga Wakil Ketua Pesatuan Perusahaan Kosmetik Indonesia (Perkosmi) Jawa Barat, tahun 2021 merupakan tahun yang menjanjikan untuk penjualan kosmetik, salah satu alasannya adalah tahun depan orang-orang sudah mulai merancang aktivitasnya yang membuat semakin banyak orang, terutama kaum wanita, akan lebih melindungi kulitnya dari sinar matahari dengan perawatan untuk meremajakan kulitnya.

Untuk semakin melengkapi kebutuhan kaum hawa ini, menurut Rizki, CV Skin Solution dalam waktu dekat akan merambah ke bidang packaging dan merancang mendirikan rumah sakit.

"Hal ini kami lakukan untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan produk yang berkualitas serta tingginya pasar dalam industri kesehatan," ujarnya. (*)

Baca juga: Jaket Parka Jadi Pilihan Milenial Saat Kemping Ceria di Masa Pandemi, Cocok untuk Foto

Baca juga: Transformasi Industri 4.0 Pacu Produktivitas Saat Pandemi

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved