Breaking News:

Kadin Jabar

Gebrakan Kadin Jabar Selamatkan Ekonomi, ''Kadin Karasa, Jabar Juara'' Dorong UMKM Digital di Daerah

Berkolaborasi dengan semua unsur pentahelix, Kadin Jabar segera melancarkan berbagai program unggulannya.

Tribunjabar.id/Muhammad Syarif Abdussalam
Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan, dan Dewan Pengurus, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Barat Sisa Masa Bakti 2019-2024, dikukuhkan dan dilantik, Kamis (22/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Di tengah pandemi Covid-19, Kamar Dagang dan Industri Provinsi Jawa Barat (Kadin Jabar) langsung membuat gebrakan untuk menyelamatkan perekonomian yang terpuruk di Jawa Barat.

Berkolaborasi dengan semua unsur pentahelix, Kadin Jabar segera melancarkan berbagai program unggulannya.

Ketua Umum Kadin Jabar, Cucu Sutara, mengatakan dengan semangat "Kadin Karasa, Jabar Juara", pihaknya akan memanfaatkan berbagai aspek strategis yang sudah menjadi modal Jawa Barat.

Baca juga: Kiash Cinta Abah Sarna dan Noni, Kakek yang Nikahi Gadis 17 Tahun, Kini Ingin Cepat Dapat Momongan

Mulai dari jumlah penduduk yang hampir mencapai 50 juta jiwa, nilai ekspor tahun ini di Jabar yang mencapai seperempat ekspor nasional, sampai potensi UMKM dan tenaga kerja yang besar di Jabar.

"Dalam situasi Covid-19 ini, artinya kita akan selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan siapapun, dengan pemerintahan, dunia usaha baik swasta maupun BUMN, akan kita jalankan betul konsep pentahelix," katanya saat ditemui seusai pelantikannya menjadi Ketum Kadin Jabar di The Trans Luxury Hotel, Kamis (22/10).

Dengan konsep kolaborasi pentahelix antara pemerintah, dunia usaha, komunitas, akademisi, dan media massa, katanya, program-programnya akan segera terakselerasi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Layanan Kadin di tingkat kota dan kabupaten di Jabar, katanya, akan di-upgrade. Berbagai asosiasi pun akan diperjelas fungsinya sehingga dapat menjalankan program-program dengan lebih terarah.

"Program yang pertama di sektor industri dan sektor swasta, kita akan lakukan promosi berbagai usaha yang terbukti meningkat di masa pandemi. Kemudian kita promosikan Adaptasi Kebiasaan Baru di dunia usaha supaya semuanya disiplin, terhindar dari Covid-19 namun tetap produktif," katanya.

Cucu mengatakan akan menjadi sponsor UMKM di Jawa Barat melalui pojok digitalisasi di setiap kabupaten dan kota. Selama ini, katanya, UMKM terhambat masalah pemasaran. Karenanya, pihaknya akan bantu pemasaran UMKM secara digital.

Baca juga: Awal Mula Benih Cinta Tumbuh Antara Abah Sarna dan Noni, Meski Terpaut 61 Tahun Tetap Lanjut Menikah

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved