Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Penyuntikan Vaksin Covid-19, Tahap Satu Jabar Ajukan Tiga Juta Vaksin untuk 3 Daerah, Bandung Masuk?

Untuk gelombang satu, Jabar mengajukan tiga juga vaksin untuk warga di tiga daerah. Mana saja?

Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Kamis (6/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan di minggu ini akan menyiapkan penyuntikan vaksin Covid-19 bagi masyarakat Jawa Barat.

Vaksin tersebut didapat dari pemerintah pusat dari sejumlah negara produsen vaksin.

"Minggu ini ada rencana kami melakukan simulasi persiapan penyuntikan vaksin di Depok. Kemungkinan hari Kamis, sebagai respons dari persiapan adanya gelombang satu pemberian vaksin sebanyak sembilan juta ke Republik Indonesia," kata Gubernur di Markas Kodam III Siliwangi, Senin (19/10/2020).

Pemberian vaksin tahap pertama ini, katanya, memang diarahkan ke daerah yang secara epidemiologi memiliki kasus Covid-19 tertinggi, yaitu di kawasan Jabodetabek.

Jawa Barat sendiri, ujarnya, mengajukan kurang lebih tiga juta vaksin untuk daerah tiga daerah yakni di Bodebek, Bogor, Depok, dan Bekasi.

"Akan kami simulasikan kesiapannya, karena Bodebek ini hanya memiliki 1.000 tenaga penyuntik vaksin yang sudah dilatih. Sehingga akan kami simulasikan apakah seribuan tenaga ini memadai atau masih harus ditambah," ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan tengah menyusun skema pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat Jawa Barat.

Pembahasan ini untuk memastikan urutan daerah atau golongan masyarakat yang terlebih dulu mendapat vaksin.

Seperti diketahui, kata Gubernur yang akrab disapa Emil ini, vaksin Covid-19 dibagi menjadi dua jenis, yakni vaksin yang dibeli pemerintah dari sejumlah negara lain secara langsung dan vaksin yang tengah diuji coba di Bandung dan akan diproduksi sebanyak ratusan juta dosis oleh PT Biofarma di dalam negeri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved