Breaking News:

Badan Nasional Penanggulangan Bencana

VIDEO-Kepala BNPB Beri Bantuan Dana Rp 1 M Hingga Logistik Korban Banjir Bandang Pameungpeuk Garut

Ketangguhan masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi bencana yang kerap kali terjadi di Indonesia, terlebih di tengah pandemi COVID-19.

TRIBUNJABAR.ID, GARUT -“Hal yang membuat optimis dalam menghadapi bencana saat ini adalah ketangguhan masyarakat,” ujar Doni Monardo, Kepala Badan Nasional

Penanggulangan Bencana (BNPB).

Ketangguhan masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi bencana yang kerap kali terjadi di Indonesia, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu dikemukakan  Doni saat meninjau lokasi terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, bencana hidrometeorologi masih melanda beberapa daerah di Indonesia.

Doni menjelaskan bahwa penanganan bencana di Kabupaten Garut dapat menjadi pelajaran bagi daerah lain.

“Ketangguhan masyarakat Kabupaten Garut melalui kesiapsiagaan dalam menghadapi banjir dan tanah longsor dapat menjadi pembelajaran bagi daerah lain,” ujar Doni.

“Hal ini terbukti pada tanggal 11 dan 12 Oktober dini hari masyarakat sudah siaga, dengan saling berbagi informasi mulai dari hulu ke hilir untuk mengantisipasi turunnya air

bah, sehingga sewaktu air melanda sejumlah desa, masyarakat sudah berada di tempat-tempat yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah dengan aman,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa satu orang pun dalam peristiwa banjir dan tanah longsor di Kabupaten

Halaman
12
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved