Breaking News:

Ujian Nasional Dihapus dan Diganti Asesmen Nasional, Ini yang Dilakukan Disdik Bandung Barat

Mulai tahun depan, tak ada lagi Ujian Nasional. Yang ada adalah Asesmen Nasional.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Isep Heri
Ilustrasi ujian nasional. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah resmi mengganti Ujian Nasional untuk tahun 2021 menjadi Asesmen Nasional.

Menanggapi hal itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat ( KBB) dalam waktu dekat ini rencananya bakal mempelajari perihal petunjuk teknis perihal Asesmen Nasional terdiri atas tiga bagian, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

"Minggu kemarin sudah disampaikan dilaporkan melalui rakor, saat ini pihak kami sudah mendapatkan petunjuk teknis dan sedang dipelajari," ujar Kabid Disdik KBB Tingkat SMP Dadang Sapardan kepada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Senin (12/9/2020).

Dadang mengatakan, dalam waktu dekat ini juga pihaknya berencana bakal menyosialisasikan kepada semua sekolah tingkat SMP perihal teknis Asesmen Nasional ini.

Perlu diketahui, di Kabupaten Bandung Barat, terdapat sekolah tingkat SMP negeri sebanyak 78 sekolah dan 110 sekolah swasta.

"Disdik KBB rencananya akan sosialisasikan perihal Asesmen Nasional minggu-minggu ini ke semua sekolah, " ucapnya.

Dadan menambahkan nanti hasil penilaian para siswa lulus atau tidak lagi dilihat dari Ujian Nasional melainkan dari Asesmen Nasional dan di ujung pembelajaran hanya memakai nilai ujian sekolah.

"Karena di ujung pembelajaran tak ada UN, jadi hanya ada ujian sekolah, dari tahun kemarin juga UN bukan jadi acuan lulusannya siswa. Jadi yang seragam itu hanya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar dan nilai kelulusan syarat lulus siswa salah satunya dari ujian sekolah, " ujarnya.

Baca juga: Tahun Depan Asesmen Nasional Akan Gantikan Ujian Nasional, Ini Penjelasan Menteri Pendidikan

Baca juga: Untuk Asesmen Kompetensi Minimum atau Pengganti UN, Mendikbud Ajukan Anggaran Rp 1,48 Triliun

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved