Korban Keracunan Makanan di Karikil Koto Tasik, Ridho Semringah Bisa Pulang Walau Masih Lemas

Ridho (11), satu di antara korban keracunan makanan di Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, keluar dari tempat perawatan.

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Giri
Tribun Jabar/Firman Suryaman
Ridho (11), bersama kedua orang tuanya bersiap pulang, Minggu (11/10) siang, setelah mendapat perawatan sejak Kamis (8/10). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Ridho (11), satu di antara korban keracunan makanan di Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, keluar dari tempat perawatan darurat di ruang kelas SD Puspasari, Minggu (11/10/2020) siang.

Walau tampak masih lemas, Ridho bersama sejumlah pasien korban keracunan makanan diperbolehkan pulang karena sudah dinyatakan sembuh.

Di halaman kelas yang terletak di belakang Puskesmas Mangkubumi, tak jauh dari tenda darurat milik BNPB, ayah Ridho sudah menunggu di atas sepeda motor. Dia bermaksud menjemput sang anak.

"Hari ini Ridho sudah diperbolehkan pulang. Kata petugas medis Ridho sudah sembuh," kata Ade (50), ibu kandung Ridho, yang sejak Jumat (9/10/2020) menunggui Ridho di tempat perawatan darurat ruang kelas SD Puspasari.

Ade lega Ridho akhirnya dinyatakan sembuh.

Padahal tiga hari sebelumnya ia didera kepanikan.

Ridho tiba-tiba muntah-muntah dan diare pada Kamis (8/10) dini hari.

"Sebelum muntah dan diare, Ridho sempat mengeluhkan sakit perut dan pusing. Belum sempat kami memijit-mijit, ia muntah dan juga diare," ujar Ade.

Ade dan suaminya bingung dan panik. Terlebih di rumah tidak ada obat. Mau dibawa ke puskesmas, sudah tutup.

"Akhirnya saya sebisa-bisa berupaya mengobati. Terutama terus memberikan air hangat serta memijit-mijit sambil diberi balsem," kata Ade.

Pagi harinya, ia baru mengetahui ternyata banyak tetangga yang bernasib serupa.

Tidak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa.

"Ridho pun kami bawa ke puskesmas, dan di sana ternyata sudah banyak yang dirawat. Ridho akhirnya dirawat di ruang kelas," ujar Ade.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved