Breaking News:

Akses Listrik di Jabar Belum Merata, Jabar Caang Pasang Listrik Gratis Puluhan Ribu MBR

Persebaran layanan listrik di Jawa Barat masih belum merata. Puluhan ribu rumah warga kategori

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ichsan
dok PLN
ilustrasi listrik 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Persebaran layanan listrik di Jawa Barat masih belum merata. Puluhan ribu rumah warga kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tercacat belum memiliki instalasi listrik di rumahnya.

"Padahal infrastruktur di Jabar relatif memadai, namun masih saja ada warga yang belum bisa menikmati akses listrik," tutur Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Barat, Bambang Rianto, melalui ponsel, Jumat (8/10).

Bambang mengatakan Pemprov Jabar pun menyambut baik upaya berbagai pihak yang memudahkan masyarakat mendapat pasokan listrik ke rumahnya.

Bambang menuturkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mencanangkan program pemerataan listrik. Melalui program "Jabar Caang", sejak tahun 2018, pemasangan listrik bagi MBR terus digalakan. Sampai 2019, sudah ada pemasangan listrik gratis di 21.335 rumah tangga MBR.

Masih WFH? Berikut 5 Cara Agar Tetap Fokus dan Produktif Saat Bekerja di Rumah

"Pemasangan ini full dibiayai lewat dana CSR. Tidak menggunakan dana pemerintah," tuturnya.

Tahun 2020 ini, ada 35 CSR perusahaan yang membiayai pemasangan instalasi listrik MBR. Sampai Desember tahun ini, targetnya terpasang listrik di 11.782 rumah.

"Untuk Indramayu saja, tahap ini ada 139 instalasi gratis untuk MBR. Kami apreasiasi perusahaan yang berkomitmen pada program Jabar Caang ini," tuturnya.

Coorporate Social Responsibility (CSR) di antaranya diberikan instalatir di ruang dinas Pendopo Pemerintah Kabupaten Indramayu, Kamis (9/10). Penandatanganannya ini bagian dari program Jabar Caang yang bertujuan menciptakan pemerataan akses listrik di seluruh Jawa Barat.

Hadir menyaksikan penandatanganan tersebut, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono, Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar Begin Troys, dan Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar ONWJ, Ryan Alfian Noor.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved