Breaking News:

50 Persen Responden Kehilangan Pekerjaan

Hai Pencari Kerja, Coba pakai Fitur #LangsungKerja untuk Perbesar Peluang Dipanggil Kerja

Adapun jenis pekerjaan paling banyak dicari antara lain Sales/ Customer Service, Admin & HR, Accounting, Engineering, IT serta Marketing/PR

TRIBUN JABAR/CIPTA PERMANA
foto ilustrasi. Sejumlah booth dari sejumlah perusahaan ramai dikunjungi oleh para pencari kerja dalam kegiatan ITB Career Center Titian Karir Terpadu, 2017 silam. 

TRIBUNJABAR.ID,  JAKARTA. Pandemi corona (covid-19) diduga berdampak pada kelangsungan pekerjaan para pekerja di Indonesia. Dugaan ini berdasar pada temuan survei yang disampaikan ke publik pada acara bincang virtual, Rabu (7/10).

Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim mengatakan, berdasarkan hasil survei Jobstreet, sebanyak lebih dari 50 persen responden kehilangan pekerjaan atau pun diberhentikan sementara dari pekerjaan mereka, sementara 43 persen dari responden mengalami pengurangan gaji hingga lebih dari 30 persen.

 “Dari survei ini juga, terlihat bahwa industri yang paling terdampak oleh pandemi adalah perhotelan/katering, pariwisata, pakaian, makanan dan minuman, serta arsitektur dan konstruksi,” imbuh Faridah sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (7/10).

Ini 7 Rahasia agar Lancar Menjalani Wawancara Kerja via Online, Pencari Lowongan Kerja Wajib Tahu!

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan terhadap sebanyak 5.000 responden yang terdiri atas  karyawan, pencari kerja, dan perekrut di Indonesia. Survei tersebut dilakukan pada Mei 2020 lalu.

Dampak pandemi terhadap kelangsungan pekerjaan juga tergambar dalam temuan survei Jobstreet sejalan dengan hasil survei persepsi yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Berpartisipasi dalam acara yang sama, Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan Badan Pusat Statistik, Nurma Midayanti mengungkapkan bahwa saat ini hanya 56,40 persen responden yang masih tetap bekerja. 

Melamar Kerja Secara Online Biar Gak Keluar Rumah, Ini 4 Aplikasi Lowongan Kerja yang Recomended

Sisanya, sebanyak 22,74 persen responden diketahui tidak bekerja; 18,34 persen bekerja tetapi dirumahkan sementara, dan 2.52 persen baru saja di-PHK.

Hasil survei tersebut didapat dari survei persepsi yang dilakukan terhadap lebih dari 87.739 responden. “Pandemi juga telah berdampak pada pendapatan para responden, di mana 41,91% responden mengalami penurunan pendapatan,” ujar Nurma.

Terlepas dari hasil-hasil temuan di atas, Jobstreet optimis bahwa kesempatan masih terbuka bagi para pencari pekerjaan.

Coutry Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim
Coutry Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim (Kontan)

Berdasarkan data Jobstreet, terdapat peluang perekrutan dari beberapa sektor seperti manufaktur dan produksi, perdagangan umum dan grosir, perbankan dan keuangan, ritel, dan teknologi informasi komputer hingga akhir tahun nanti.

Halaman
12
Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved