Breaking News:

Tabungan Nasabah Tajir Kian Meningkat, Banyak yang Parkir Dana di Atas Rp 5 Miliar di Bank

"Sedangkan kenaikan pada deposito didorong oleh simpanan dari orang-orang tajir yang tidak bisa belanja"

Istimewa
Nasabah bank bjb dianjurkan untuk melakukan transaksi dari tanpa keluar dari kediaman masing-masing menggunakan rumah aplikasi bjb Digi. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Simpanan nasabah tajir di bank terus meningkat di tengah tekanan pandemi Covid-19. Tidak hanya jumlah simpanannya yang melesat tetapi juga jumlah rekening nasabah tajir tersebut juga meningkat.

Menurut data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), nilai simpanan pada Agustus 2020 mencapai Rp 6.563 triliun atau tumbuh 8 persen dibandingkan akhir 2019 (ytd) dan meningkat 11,3 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Simpanan dengan nominal Rp 5 miliar ke atas tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan nominal di bawahnya, bahkan pertumbuhannya melebih pertumbuhan total simpanan di bank.

Digitalisasi, Kunci Dorong Pertumbuhan Perbankan Syariah Saat Pandemi Covid-19

Nominalnya mencapai Rp 3.186 triliun dengan jumlah rekening 107.020.

Capaian tersebut naik 13,5 persen dari akhir tahun lalu dan melonjak 15,2 persen secara yoy. Sedangkan jumlah rekeningnya pun melonjak 4,02 persen secara ytd.

Di bulan Agustus saja, simpanan di atas Rp 5 miliar ini bertambah Rp 143 triliun dari bulan sebelumnya. Tren kenaikan kian meningkat, mengingat di bulan Juli hanya ada tambahan Rp 31 triliun dibanding bulan sebelumnya.

Di PT Bank Central Asia Tbk (BCA), simpanan Rp 5 miliar ke atas mengalami peningkatan baik di giro maupun di tabungan.

Nasabah Pilih Timbun Dana di Tabungan Ketimbang Deposito Ternyata Begini Alasannya

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA mengungkapkan, simpanan dengan nominal tersebut di giro meningkat  sekitar 7 hingga 8 persen dan di deposito tumbuh 4 persen.

Kenaikan simpanan di giro tersebut ditopang oleh perusahaan-perusahaan besar.

"Sedangkan kenaikan pada deposito didorong oleh simpanan dari orang-orang tajir yang tidak bisa belanja," kata Jahja pada Kontan.co.id, Senin (5/10).

Halaman
12
Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved