Breaking News:

Kondisi Tak Menentu, Orang Tajir Ramai-ramai Simpan Uang di Bank

Tidak hanya jumlah simpanannya yang melesat tetapi juga jumlah rekening nasabah tajir tersebut juga meningkat

istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 masih terjadi dan memukul hampir semua sektor termasuk ekonomi yang berimbas cukup banyak perusahaan merumahkan karyawannya.

Kondisi tak menentu inilah membuat orang tajir ramai-ramai simpan uang di bank.

Perubahan perilaku masyarakat akibat kondisi yang tidak menentu di tengah pandemi Covid-19 menjadi penyebab nasabah tajir ini pilih simpan uang di bank.

Dikutip TribunJabar.Id dari Kontan.Id, simpanan nasabah tajir di bank terus mengalami peningkatan di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Tidak hanya jumlah simpanannya yang melesat tetapi juga jumlah rekening nasabah tajir tersebut juga meningkat. 

Produk Keramik Lokal Essenza Tembus Pasar Amerika Serikat di Masa Pandemi Covid-19

Berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), nilai simpanan pada Agustus 2020 mencapai Rp 6.563 triliun atau tumbuh 8% dibandingkan akhir 2019 (ytd) dan meningkat 11,3% secara tahunan atau year on year (yoy).

Simpanan dengan nominal Rp 5 miliar ke atas tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan nominal di bawahnya, bahkan pertumbuhannya melebih pertumbuhan total simpanan di bank. Nominalnya mencapai Rp 3.186 triliun dengan jumlah rekening 107.020. 

Capaian tersebut naik 13,5% dari akhir tahun lalu dan melonjak 15,2% secara yoy. Sedangkan jumlah rekeningnya pun melonjak 4,02% secara ytd.

Di bulan Agustus saja, simpanan di atas Rp 5 miliar ini bertambah sebesar Rp 143 triliun dari bulan sebelumnya. Tren kenaikan kian meningkat, mengingat di bulan Juli hanya ada tambahan Rp 31 triliun dibanding bulan sebelumnya.

Ditengah Pandemi Covid-19, Festival Ekonomi Syariah Bisa Jadi Stimulus Pemulihan Ekonomi

Di PT Bank Central Asia Tbk (BCA), simpanan Rp 5 miliar ke atas mengalami peningkatan baik di giro maupun di tabungan. Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA mengungkapkan, simpanan dengan nominal tersebut di giro meningkat  sekitar 7%-8% dan di deposito tumbuh 4%.

Halaman
123
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved