Breaking News:

Penanganan Virus Corona

Rugi Ngga Berjemur Saat Pandemi, Ini Aturan Berjemur untuk Pemilik Kulit Gelap dan Kulit Terang

Rugi buat kita yang tinggal di wilayah Katulistiwa tapi tidak mau berjemur, namun ingat, berjemur juga ada aturannya loh,

Editor: Siti Fatimah
Pixabay
Ilustrasi berjemur sinar matahari pagi. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Salah satu upaya menjaga daya tahan tubuh terlebih saat pandemi Covdi-19 ini adalah dengan berjemur di pagi hari.

Berjemur memiliki sejumlah manfaat, karena sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang baik untuk tubuh.

Jadi rugi buat kita yang tinggal di wilayah Katulistiwa tapi tidak mau berjemur, namun ingat, berjemur juga ada aturannya loh, bagi pemilik kulit gelap cukup 10 sampai 15 menit, dan bagi pemilik kulit terang 20 menit saja sudah cukup.

Dikutip TribunJabar.Id dari Kompas.Com, paparan sinar matahari di waktu yang tepat dan dosis yang cukup, dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun.

Berikut penjelasan bagaimana sinar matahari dapat memperkuat imun tubuh, waktu terbaik berjemur, dan paparan yang pas.

Sinar matahari sumber alami vitamin untuk imun Dokter sekaligus ahli gizi Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum. menyampaikan, selama ini ada anggapan sinar matahari dapat menangkal penyakit dengan cara mematikan virus.

Persepsi tersebut keliru. Sinar matahari bisa menangkal penyakit dengan cara memperkuat daya tahan tubuh. "Panas sinar matahari bukan mematikan kayak merebus atau menggoreng virus.

Tapi, orang dapat manfaat vitamin D dari berjemur," jelas Tan, ketika siaran langsung lewat Facebook-nya @Dr. Tan & Remanlay Institute, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Tan, paparan radiasi ultraviolet-B (UVB) dari sinar matahari pas untuk penyerapan vitamin D3 (kolekalsiferol).

UVB yang mengandung pro-vitamin D3, saat bertemu kolesterol dalam tubuh, akan disintesis atau diubah menjadi vitamin D3. "Vitamin D3 ini yang menjadi sumber kekebalan tubuh tubuh manusia," kata Tan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved