Breaking News:

Hadapi Potensi Tsunami, 120 Desa Tangguh Bencana di Selatan Jabar, Siap Lakukan Ini Mulai Senin

Masyarakat yang tinggal di 120 desa di sepanjang pantai selatan Jawa Barat sudah memiliki budaya tangguh bencana potensi gempa megathrust dan tsunami.

Kontributor Kabupaten Sukabumi/M Rizal Jalaludin
Ilustrasi: Kondisi pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Rabu (30/9/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan, mengatakan masyarakat yang tinggal di 120 desa di sepanjang pantai selatan Jawa Barat sudah memiliki budaya tangguh bencana dalam menghadapi potensi gempa megathrust dan tsunami.

Informasi mengenai potensi tsunami di selatan Jawa Barat, katanya, memang sudah lama diketahui masyarakat selatan Jawa Barat, bahkan beberapa di antaranya sudah mengalami sendiri tsunami tersebut sehingga terbentuk budaya kewaspadaan yang tinggi terhadap bencana secara alami.

"Informasi mengenai tsunami sudah lama dan laten untuk Jabar Selatan. Secara alamiahnya ada potensi megathurst pertemuan dua lempeng benua. Secara alamiah masyarakat juga sudah siap. Begitu ada guncangan, kaluar rumah, menunggu info sesaat, yang lebih jauh, kalau ada potensi tsunami, mereka sudah tahu harus lari ke mana," kata Dani melalui ponsel, Minggu (4/10/2020).

Potensi Tsunami 20 Meter di Pantai Selatan Jawa, Sukabumi Akan Paling Parah Terdampak

BPBD Jabar pun, ujarnya, telah melakukan mitigasi bencana baik gempa maupun tsunami yang diprediksi berpotensi terjadi di selatan Jawa Barat.

Mulai dari penyiapan alat deteksi gempa dan tsunami bersama BMKG, sosialisasi dan pelatihan simulasi evakuasi, sampai meingkatkan kearifan lokal mitigasi bencana.

Dani mengatakan kondisi geografis, demografis, dan aktivitas di sepanjang pantai selatan Jabar memang tidak bisa disamakan.

Ada yang menjadi pusat pariwisata seperti Pangandaran, pusat nelayan, permukiman, sampai pelabuhan. Karenanya, cara evakuasi pun ada perbedaannya jika terjadi gempa atau tsunami.

"Kawasan dengan populasi yang besar ada di Pangandaran dan Pelabuhanratu. Tapi secara menyeluruh, setiap tahun BPBD biasanya melakukan ekspedisi Desa Tangguh Bencana Jabar Selatan. Kami berikan sosialisasi dan simulasi ke berbagai lapisan masyarakat," katanya.

BPBD Kabupaten Sukabumi Tanggapi Serius Potensi Tsunami 20 Meter, Sebut Palabuhanratu Paling Rawan

Terdapat 120 desa sepanjang pantai selatan Jabar, dari mulai Pangandaran sampai Sukabumi. Semuanya sudah menjadi Desa Tangguh Bencana.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved