Breaking News:

Pelatihan Bisnis

Ingin Jadi Pebisnis, 25 Pedagang (UMKM) Ikuti Pelatihan di Kadin Kota Bandung

Dua puluh lima anggota UMKM binaan Kadin Kota Bandung mengikuti pelatihan kemitraan Franchise di Graha Kadin Kota Bandung, Kamis, 1 Oktober.

Kadin Bandung
Para peserta pelatihan UMKM di Kadin Kota Bandung. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dua puluh lima UMKM binaan Kadin Kota Bandung mengikuti pelatihan kemitraan Franchise di Graha Kadin Kota Bandung, Kamis, 1 Oktober.

Tujuan pelatihan untuk mengubah para pedagang menjadi pebisnis. 

Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM dalam suasana covid seperti ini, para pedagang harus terus bergerak,  tetap semangat, jangan berhenti  berinovasi, terus berkreasi. Sebab, kalau  tidak berinovasi  kata Iwa, usaha kita akan terlindas dengan yang baru. 

Iwa gembira dalam suasana pandemi,  melihat adanya   kebangkitan UMKM di Kota Bandung. Hal ini  terlihat dari  bergeliatnya UMKM kota Bandung dibandingkan daerah-daerah lain.  

Untuk mewadahi para umkm, Kadin juga sudah membentuk komunitas UMKM dengan Kadinpreneur, Studentpreneur dan pensiunprenerur, Mereka bisa menggunakan fasilitas yang kadin sediakan untuk mengadakan kumpul-kumpul yang bermanfaat semacam konsultasi dan sharing tentang usaha  dengan Kadin dan  antar UMKM sendiri.  

Sementara Pengurus Kadin Kota Bandung, Bhakti Desta  Alamsyah dari Komite Tetap Bidang Waralaba,  yang menjadi salah satu narasumber dalam Pelatihan Kemitraan Franchise ini , menyampaikan bahwa kegitaan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas UMKM dari pedagang menjadi pebisnis, dengan sistem franhchise. Desta, standar tip dan persyaratan agar UMKM bisa berbisnis dengan sistem Franchise.

Selain narasumber dari Kadin Kota Bandung, acara juga menghadirkan Ketua DPD Jawa Barat dari APJI DPD Jawa Barat, Misye Sopyan, yang menyampaikan bahwa UMKM harus bisa memotivasi diri sendiri untuk bangkit dan terus bergerak di masa pandemi ini.  

Sementara, Willy dari Blibli.com memberikan info tentang cara-cara dan strategi memasarkan  produk UMKM secara onlime melaui e-commerce dengan menjadi mitra blibli.com. (tat)

Penulis: Tatang Suherman
Editor: Tatang Suherman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved