Pemkab Sumedang Dapat Pinjaman Dana Rp 38,90 Miliar untuk Pemulihan Ekonomi

PEN tersebut memang diberikan untuk semua daerah yang terkena dampak pandemi Covid-19

Istimewa/Humas Pemkab Sumedang
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan PEN Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 melalui Video Conference, di Gedung Negara, Kamis (24/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang mendapat pinjaman dana untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah pusat melalui PT Sarana Murni Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 38,90 miliar.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, mengatakan dana pinjaman Rp 38,90 miliar tersebut dialokasikan untuk peningkatan jalan Cicau-Karedok, Kecamatan Jatinunggal sebesar Rp 6,06 miliar.

"Kemudian untuk lanjutan pembangunan Alun-alun Sumedang sebesar Rp 3,31 miliar," ujarnya saat Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan PEN Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 melalui Video Conference, di Gedung Negara, Kamis (24/9/2020).

Taurus Harus Mencoba Jujur, Inilah Ramalan Zodiak Cinta Jumat 25 September 2020

Selain itu, kata Dony, dana pinjaman tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan gedung Creative Center sebesar Rp 14,52 miliar dan pengembangan destinasi wisata Jatigede, Desa Karangpakuan sebesar Rp 15 miliar.

"Jadi Pemkab Sumedang yang dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappppeda) mendapatkan alokasi pinjaman PEN sebesar Rp 38,90 miliar," kata Dony.

Ia mengatakan, PEN tersebut memang diberikan untuk semua daerah yang terkena dampak pandemi Covid-19, tetapi daerah tersebut, seperti Kabupaten Sumedang sudah memiliki program dan kegiatan pemulihan ekonomi.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, dengan adanya bantuan bantuan pinjaman dari PT SMI untuk pemulihan ekonomi tersebut, yang pertama harus bisa melahirkan lapangan pekerjaan.

"Kedua, harus dirasakan proyek-proyek yang memberikan manfaat secara sosial dan ekonomi secara langsung," ujar Emil sapaan Ridwan Kamil dalam paparannya melalui Video Conference.

ANEH, Satu Rumah Ini Tetap Bersih Meski Lumpur Mengelilingi Saat Banjir Bandang Terjadi di Sukabumi

Kemudian yang ketiga, lanjut Emil, pinjaman dana tersebut harus bisa memberikan pemulihan ekonomi supaya belanja pemerintah ini menjadi satu-satunya yang bisa terus bergerak.

"Hadirnya pembiayaan pembangunan dari pemerintah pusat melalui pinjaman daerah, tentunya sangat dibutuhkan untuk memulihkan ekonomi akibat Covid di daerah, termasuk di Jawa Barat dan Kabupaten Sumedang," katanya.

Atas hal tersebut, lanjut Emil, adanya kolaborasi termasuk kerja sama dengan PT SMI sebagai mitra pemerintah sangat penting karena sudah memberikan solusi untuk pemulihan ekonomi nasional.

Berita Persib, Begini Komentar Ardi Idrus Terkait Madura United yang Kini Banyak Ditinggal Pemain

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved