Breaking News:

Seragam Satpam Mirip Polisi, Pengurus Asosiasi Satpam : Bagus Nanti Penjahat Takut Dikira Polisi

Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa

istimewa
Seragam Satpam Mirip Polisi, Pengurus Asosiasi Satpam : Bagus Nanti Penjahat jadi Takut Dikira Polisi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

 TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa‎.

Yang menarik di perkap itu, mengatur soal perubahan seragam satuan pengamanan atau dikenal satpam, dari putih menjadi cokeat seperti seragam polisi.

‎Ketua DPD Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (Apsi) Jabar, Agus Hamza mengapresiasi soal itu. Saat ini, meski perkap sudah berlaku, sedang dalam tahap penyesuaian.

"Kami sangat mengapresiasi karena pertama, akan membantu dalam hal membedakan satpam instansi dan satuan keamanan lingkungan," ujar Agus di Jalan Terusan Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Kedua, kata dia, dengan satpam berseragam cokelat seperti seragam polisi, bisa membantu dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kasus Korupsi RTH Kota Bandung, KPK Hari Ini Periksa 16 Saksi, Satu di Antaranya Mahasiswi

"Nanti bisa berpengaruh dalam menekan tingkat kejahatan. Dengan berseragam cokelat, penjahat lihat satpam ‎jadi takut. Artinya berdampak psikologis lah karena nanti penjahat lihat satpam dikira polisi," ujar Dedi Sopandi, Kabid Diklat DPD Apsi Jabar pada kesempatan yang sama.

Di perkap itu, mengatur soal kualifikasi satpam mulai dari pertama gada pratama, madya dan utama. Selain itu, juga mengatur soal kepangkatan. Setiap kualifikasi itu punya lambang dan tanda pangkat tersendiri.

Selain itu, juga mengatur soal tanda kepangkatan. Misalnya, kepangkatan manajer dengan tanda satu hingga segitiga merah. Satu segitiga merah artinya tanda pangkat manajer, dua segitiga merah artinya‎ manajer Madya dan tiga segitiga merah artinya manajer utama.

Lalu ada tanda pangkat segitiga kuning yang artinya pangkat supervisor. Tiga segitiga artinya pangkat paling tinggi yakni supervisor utama. Lalu tanda pangkat pelaksana yakni segitiga putih. ‎Tiga segitiga putih pangkat pelaksana utama atau paling tinggi.

LIVE STREAMING TV BERSAMA Malam Ini, Timnas U-19 Indonesia vs Qatar di NET TV, Tonton di Sini

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved