Breaking News:

Tidak Terhalang Pandemi, Pendidikan Politik dan Pembinaan Kader PKS Pun Dilakukan Secara Online

Saat pandemi, pendidikan politik dan pembinaan kader PKS pun dilakukan secara online.

istimewa
Pendidikan politik dan pembinaan kader PKS pun dilakukan secara online di tengah pandemi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 ternyata tidak menghalangi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Barat bersama Fraksi PKS MPR RI untuk tetap melakukan pembinaan dan pendidikan politik terhadap para kadernya.

Namun kini, pembinaan tersebut dilakukan secara online atau jarak jauh kepada para kader, demi melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hal tersebut dilakukan di antaranya melalui seminar nasional dengan tema "Penataan Kurikulum Kepemimpinan dan Kaderisasi dalam Partai Politik Berdasarkan Pancasila dan UUD NRI tahun 1945" yang direkam atau tapping di Mason Pine Hotel Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (13/9/2020).

Sebagai pembicara keynote speaker hadir Presiden PKS Sohibul Iman.

Sementara itu, pembicara lain ada Ketua Fraksi PKS di MPR Tifatul Sembiring, Sekretaris Fraksi Johan Rosihan, Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, serta Anggota Dewan PKS dari Dapil Jawa Barat Ahmad Syaikhu.

Acara sendiri dilaksanakan dengan offline dan online.

Acara offline dihadiri sebanyak 50 peserta, dan acara online sebanyak lebih dari 150 orang atau user.

Adapun daftar undangan antara lain, Anggota DPTW PKS Jawa Barat, Ketua Bidang di DPW PKS Jawa Barat, Gema Keadilan DPW Jawa Barat, Garuda Keadilan DPW Jawa Barat, PKS Muda DPW Jawa Barat, dan DPD PKS se-Jawa Barat.

Ketua Umum DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandharu menyampaikan, Partai Keadilan Sejahtera aktif melakukan pembinaan karakter terhadap seluruh anggotanya, untuk pendalaman mengenai empat pilar berbangsa dan bernegara, pemahaman mengenai hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam membangun etika dan budaya politik, serta pengkaderan anggota partai politik secara berjenjang dan berkelanjutan.

"Program kaderisasi PKS Jawa Barat memuat prinsi-prinsip Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang telah disampaikan dalam berbagai program dan kegiatan pengkaderan PKS Jawa Barat. Di antaranya Sekolah Kepemimpinan Partai, Sekolah Kepemimpinan Pemuda dan Sekolah Sosiopreneur, program PKS Muda, Kemah Bakti Nusantara, Training Orientasi Partai, Taklim Rutin Partai serta Taklim Rutin Kader," kata Ketua Fraksi PKS DPRD Jabar tersebut melalui ponsel, Rabu (16/9/2020).

Peran partai politik sebagai wahana kaderisasi kepemimpinan, baik di tingkat nasional sangatlah strategis. Maka, katanya, penting untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum kaderisasi kepemimpinan yang dilakukan.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, Ahmad Heryawan yang kini menjabat Ketua DPP PKS Bidang Kaderisasi menyampaikan bahwa PKS berkomitmen dan merancang kurikulum kaderisasi dengan mengakomodir nilai-nilai kebangsaan, Pancasila dan UUD 1945.

"Peran partai politik sebagai wahana kaderisasi kepemimpinan, baik di tingkat nasional sangatlah strategis. Maka penting untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum kaderisasi kepemimpinan yang dilakukan," tuturnya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved