Breaking News:

Jualan Terdampak Covid-19, Ibu-Ibu di Indramayu Ini Inisiatif Jualan Lewat Online, Bantu Ekonomi

Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi ibu-ibu di wilayahnya untuk tetap produktif.

Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Ibu-ibu PKK yang tergabung dalam kelompok Olahan Makanan Sehat (OMSET) Balongan saat mempersiapkan pesanan pelanggan, Rabu (16/9/2020). 

 Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Di masa pandemi Covid-19, para Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu getol menjajakan jualannya melalui online.

Mereka tergabung dalam kelompok Olahan Makanan Sehat (OMSET) Balongan yang merupakan bentukan PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Terminal Balongan, Marketing Operation Region (MOR) III.

Ada berbagai makanan praktis yang mereka jual, seperti nugget, bakso, siomay, dan pempek. Makanan-makanan itu mereka buat dari bahan dasar olahan ikan.

Selain 2 Orang Polisi, juga Ada 2 Orang Karyawan Bank yang Positif Covid-19 di Kabupaten Kuningan

Wakil Ketua OMSET, Eliyawati (46) mengatakan, pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi para ibu di wilayahnya untuk tetap produktif.

“Sebelum pandemi, makanan olahan kami dibuat untuk anak usia balita dan dipasarkan di Kantor Desa Balongan, Namun sejak pandemi, masyarakat mengurangi aktivitas keluar rumah sehingga kami mengembangkan penjualan secara online melalui handphone dan mengantarkan ke rumah konsumen,” ujar dia kepada Tribunciebon.com, Rabu (16/9/2020).

Eliyawati menceritakan, sejak Maret 2020 atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan pemerintah hingga Juli 2020, tidak banyak yang bisa dilakukan para ibu-ibu.

Mereka turut terdampak Covid-19 dan tak bisa membantu perekonomian keluarga.

Pemain Muda Persib, Dudung Ingin Banyak Belajar dari Seniornya, Khususnya dari 2 Pemain Ini

Meski demikian, saat fase Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) mulai diberlakukan pemerintah pada Agustus 2020 lalu, menjadi semangat baru para ibu-ibu kembali produktif.

Mereka pun berinisiatif berjualan secara online. Makanan yang menjadi pesanan lalu diantar langsung ke rumah pelanggan dengan tetap mempertimbangkan kesehatan, seperti memakai masker.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved