Breaking News:

ITB Menerima Dana Hibah Penellitian dari Asahi Glass Foundation Jepang

Chairman of Asahi Glass Foundation, Takuya Shimamura, menambahkan, program hibah riset ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pembangunan di Indonesi

Istimewa/Humas ITB
Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D melakukan prosesi wisuda bagi 34 lulusan yang berasal dari Program Studi Program Profesi Insinyur ITB melalui video teleconfrence. Selasa (5/5/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 14 penelitian Institut Teknologi Bandung ( ITB) memperoleh dana hibah dari Asahi Glass Foundation.

ITB sendiri sudah menjalin kerja sama dengan Asahi Glass Foundation sejak 1988. Setidaknya ada 310 proposal telah didanai lewat skema program riset.

"Kami berterima kasih kepada Asahi Glass Foundation yang telah memberikan hibah penelitian selama beberapa tahun ini. Sebanyak 14 hasil penelitian yang dipilih dari 59 proposal sudah memperoleh dana hibah," kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB, I Gede Wenten.

Seperti dilansir Kompas.com dari laman ITB, Rabu (16/9/2020), Wenten mengatakan, pemilihan tersebut berdasarkan kelayakan intelektual, dampak lebih luas dari usulan penelitian, target hasil, dan rekam jejak peneliti utama.

Wenten mengaku, ITB senang mengumpulkan para penelitinya dalam rangka berlomba untuk memperoleh dana hibah penelitian dari korporasi, termasuk Asahi Glass Foundation, Jepang ini.

Pemberian ini menjadikan kepercayaan dan dukungan jangka panjang untuk ITB, agar terus memperoleh hasil karya penelitian.

3.905 Mahasiswa Diterima di Program Sarjana ITB, Paling Muda Berusia 15 Tahun, 51 Persennya Wanita

Dalam kesempatan yang sama, Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah, menyampaikan, ITB sedang fokus terhadap beberapa aktivitas riset dan program untuk menguatkan posisinya sebagai universitas riset yang menuju entrepreneurial university.

Setidaknya ada empat program yang difokuskan, seperti menambah intensitas riset di ITB yang tercermin dari jumlah staf yang terlibat dalam penelitian dan jumlah dana yang diperoleh dari sumber nasional dan internasional dan pertumbuhan pendapatan ITB, baik itu dari pendanaan riset nasional maupun internasional

"Kemudian menambah publikasi riset di ITB, dan yang terakhir continuous improvement di bidang riset kolaborasi di tataran nasional dan internasional," kata Reini.

ITB Umumkan Hasil Seleksi Kelas Internasional, Berikut Hasil Seleksinya

Istimewa-Kampus ITB
Istimewa-Kampus ITB ()

Reini menekankan, ITB memang mengalokasikan dana penelitian internal yang signifikan untuk penelitian, tapi ITB juga butuh dukungan dari mitra baik nasional maupun internasional, termasuk Asahi Glass Foundation ini.

"Melalui hibah riset telah memberikan kontribusi langsung dalam peningkatan kapasitas penelitian di ITB. Jadi saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Asahi Glass Foundation selama ini," ujarnya.

Chairman of Asahi Glass Foundation, Takuya Shimamura, menambahkan, program hibah riset ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pembangunan di Indonesia.

"Saya juga berharap suatu saat dari Indonesia ada yang bisa meraih penghargaan The Blue Planet Prize," kata Takuya. (kompas.com/dian ihsan)

Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved