Breaking News:

Penting Buat Ibu-ibu, Harga Kol dan Lobak Putih di Kota Sukabumi Mulai Merangkak Naik

Sejumlah harga komoditas sayuran seperti kol dan lobak putih di beberapa pasar tradisional Kota Sukabumi

tribunjabar/fauzi noviandi
Penting Buat Ibu-ibu, Harga Kol dan Lobak Putih di Kota Sukabumi Mulai Merangkak Naik 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Sejumlah harga komoditas sayuran seperti kol dan lobak putih di beberapa pasar tradisional Kota Sukabumi mengalami kenaikan sebesar 10 hingga 15 persen.

Hendar (45) seorang pedagang sayuran di pasar eks Pelita, mengatakan ada beberapa harga sayur mayur yang mengalami kenaikan, di antaranya kol dan lobak putih.

"Saat ini harga kol dari Rp 5 ribu menjadi Rp 6 ribu per kilogram, sedangkan untuk lobal putih dari Rp 8 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogramnya," kata dia saat ditemui di sekitar Pasar eks Pelita, Selasa, (15/9/2020).

Ia mengatakan, harrga kol dan lobak putih tersebut mengalami kenaikan karena daya beli masyarakat yang meningkat semenjak dua pekan terakhir.

Sudah Satu Bulan Sanksi Tak Pakai Masker Diterapkan, 133 Orang di Sumedang Dihukum Nyapu Jalan

"Saat ini sayuran yang dipasok dari beberapa wilayah Sukabumi dan Pasar Caringin Bandung masih berjalan normal, bahkan melimpah," ucapnya

Sementara itu, Kepala Bidang Persagangan pada Dinas Koperasi, UMKM, Persagangan, Dan Perindustrian (Diskoperindagin) Kota Sukabumi, Heri Sihombing membenarkan adanya kenaikan harga terhadap beberapa harga sayuran.

"Berdasarkan pantauan harga di lapangan memang ada beberapa sayuran yang mengalami kenaikan, seperti kol dan lobak putih sedangkan yang lain terjadi penurunan," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon

Untuk harga sayuran yang mengalami kenaikan lanjut dia, diantaranya Buncis, Cabai merah TW, Cabai lokal, dan bawang merah.

Gara-gara Pesanan Galonnya Tak Kunjung Datang, Pria Ini Tusuk Pengantar Galon Hingga Tewas

"Buncis semula dari Rp12 ribu jadi Rp 8 ribu perkilogram, cabe merah besar TW dari Rp 32 ribu naik jadi Rp 30 ribu perkilogram,  dan cabe merah besar lokal turun dari Rp 34 ribu jadi Rp 32 ribu per kilogram, dan bawang merah Jawa turun dari Rp 28 ribu menjadi Rp 27 ribu per kilogram," ucapnya

Dirinya menambahkan, sementara ini stok kebutuhan bahan pokok penting diwilayah Kota Sukabumi masih cukup dan melimpah, dan untuk harganya pun masih berjalan normal.

"Saat ini semua ketersediaan bapokting dan bahan startegis lainya aman. Tapi kita tetap terus lakukan pengawasan kelapangan," katanya. 

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved