Breaking News:

Virus Corona

Pusat Isolasi Orang Tanpa Gejala Covid-19 di Jabar Disiapkan, Berikut Jumlah Kapasitasnya

Kalau DKI Jakarta punya Wisma Atlet dikelola oleh pusat, Jabar juga punya pusat-pusat isolasi yang memang menampung pasien-pasien yang tidak bergejala

Tribun Jabar/Siti Fatimah
RSHS Bandung Jadi Rumah Sakit Rujukan Nasional Covid-19, Kondisinya Kini Butuh Ratusan APD Setiap Hari 

TRIBUNJABAR.ID - Ketersediaan ruang perawatan dan isolasi pasien positif Covid-19 rumah sakit rujukan di Jawa Barat dinilai masih di batas aman.

Hingga 11 September 2020, tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 di Jabar mencapai 44,33 persen.

Angka itu masih di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan tingkat keterisian RS harus di bawah 60 persen.

Ketua Divisi Manajemen Fasyankes Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Marion Siagian, mengatakan jumlah tempat tidur di ruang isolasi di RS rujukan Covid-19 se-Jabar mencapai 4.094.

“Sesuai SK (Surat Keputusan) Gubernur Jabar, kami memiliki 105 RS rujukan. Ditambah dengan RS rujukan SK bupati/wali kota. Total yang melayani pasien Covid-19 di Jabar ada 322 RS,” kata Marion melalui siaran digital, Minggu (13/9/2020).

Menurut Marion, Gugus Tugas Jabar intensif menginventarisasi pusat isolasi nonrumah sakit sebagai upaya penguatan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan lonjakan kasus positif Covid-19.

Terdapat sekitar 998 tempat tidur di pusat isolasi nonrumah sakit kabupaten/kota.

Kemudian ada sekitar 190 tempat tidur di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar. Kapasitas BPSDM Jabar sendiri dapat mencapai 600 tempat tidur.

“Pusat isolasi itu untuk pasien-pasien positif Covid yang tidak bergejala. Jadi kami lakukan isolasi apabila pasien tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri di rumah,” kata Marion.

“Kalau DKI Jakarta punya Wisma Atlet dikelola oleh pusat, Jabar juga punya pusat-pusat isolasi yang memang menampung pasien-pasien yang tidak bergejala dan ini dilakukan pemilahan oleh dokter rumah sakit sebagai pengampunya,” katanya.

Selain itu, pengalihan fungsi ruang rawat di rumah sakit dilakukan.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved